fbpx

Cara Mudah Mengunci Aplikasi Penting di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Biasanya, untuk mengunci aplikasi di smartphone Android diperlukan aplikasi tambahan seperti AppLock dan sejenisnya.


1 share, 1 point

Mengunci aplikasi untuk mengamankan privasi di dalamnya tampaknya serin diabaikan oleh sebagian pengguna smartphone. Padahal hal itu sangat penting untuk dilakukan. Salah satu aplikasi penting yang harus diamankan adalah WhatsApp.

WhatsApp menjadi aplikasi messaging paling populer saat ini. Hampir semua orang menggunakan WhatsApp untuk saling berkirim pesan dengan kerabat, teman, atau keluarga.

Karena WhatsApp sepertinya sudah menjadi aplikasi yang ‘wajib’ ada di setiap smartphone, tentu saja memperhatikan keamanan aplikasi ini juga wajib untuk dilakukan.

Salah satu cara untuk mengamankan aplikasi WhatsApp adalah dengan cara menggembok atau mengunci aplikasi tersebut. Sehingga ketika seseorang akan membuka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, dia tidak akan langsung bisa membuka aplikasinya, tetapi dia akan diminta untuk menggambar pola atau memasukkan sandi/PIN agar bisa masuk ke aplikasi tersebut.

Cara ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang tidak ingin chat pribadi kamu dibaca oleh orang lain yang suka iseng dan kepo dengan isi pesan kamu di WhatsApp.

Loading...

Biasanya, untuk mengunci aplikasi di smartphone Android diperlukan aplikasi tambahan seperti AppLock dan sejenisnya.

Tapi, saat ini di perangkat-perangkat Android keluaran terbaru biasanya sudah memiliki fitur AppLock bawaan yang mudah digunakan.

Biasanya fitur tersebut berada di dalam menu pengaturan. Untuk beberapa merk smartphone pasti memiliki lokasi pengaturan AppLock yang berbeda. Berikut ini adalah cara mengunci aplikasi penting seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain di Android tanpa aplikasi tambahan untuk smartphone Xiaomi, Vivo, Oppo, Samsung dan lain-lain.

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk mengunci aplikasi-aplikasi penting seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Galeri, dan lain-lain di smartphone Xiaomi, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah-langkahnya, masuk ke menu Pengaturan > Kunci Aplikasi. Setelah itu, kamu akan diminta untuk menggambar pola atau memasukkan PIN yang akan kamu gunakan untuk mengamankan aplikasi kamu dari penyusup.

Setelah memasukkan PIN atau menggambar pola, selanjutna pilih aplikasi apa saja yang ingin kamu amankan seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Pesan, Galeri dan lain-lain. Langkah ini selesai, dan aplikasi kamu sudah aman.

Cara Mengunci Aplikasi di Vivo Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk smartphone Vivo, langkahnya kurang lebih sama dengan Xiaomi. Ketika pertama kali menggunakan fitur ini, pengguna akan diminta untuk menggambar pola untuk mengamankan aplikasi yang akan dikunci.

Langkah-langkahnya, masuk ke Pengaturan > Keamanan > Privasi dan Enkripsi Aplikasi

Setelah itu tinggal ikuti langkah-langkah di layar smartphone kamu. Kemudian, setelah itu kamu tinggal memilih aplikasi mana saja yang akan kamu kunci, dan selesai.

Cara Mengunci Aplikasi di Oppo Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk mengunci aplikasi penting di HP Oppo, langkahnya kurang lebih sama juga dengan smartphone lainnya.

Langkahnya adalah masuk ke Pengaturan > Layar Kunci dan Aplikasi > Enkripsi Aplikasi. Selanjutnya sama, masukkan PIN atau gambar pola dan pilih aplikasi mana saja yang akan kamu amankan, dan selesai.

Untuk Smartphone Lain yang Tidak Ada Fitur App Lock Bawaan

Untuk pengguna smartphone yang tidak memiliki fitur App Lock bawaan, tidak ada cara lain selain menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Saat ini, makintau.com merekomendasikan menggunakan aplikasi AppLock dari DoMobile Lab. Untuk aplikasinya silakan klik tombol download di bawah ini:


Itulah cara mudah mengunci aplikasi penting seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain-lain. Cara tersebut memang sangat mudah untuk mengamankan privasi dan aplikasi di smartphone Android agar terhindar dari penyusup dan tangan-tangan usil.


Like it? Share with your friends!

1 share, 1 point

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format