fbpx

Cara Install WordPress Dengan Mudah

WordPress adalah CMS paling populer bukan hanya di Indonesia saja, melainkan juga di dunia karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.


1 share

Buat website merupakan suatu hal yang sangat penting dan banyak digunakan oleh berbagai kegiatan bisnis di Indonesia.

Berbagai jenis domain seperti domain com, domain id, domain net dan lain-lain melalang buana di dunia Internet.

Tidak hanya website untuk kegiatan bisnis saja, melainkan sampai website untuk kegiatan pribadi pun kini telah hadir di dunia internet.

Yup, hal ini wajar saja mengingat tahun 2019 ini dunia termasuk Indonesia semakin berkembang ke era digital.

Di Indonesia sendiri, mayoritas website baik itu personal maupun untuk kegiatan bisnis biasanya di build dengan menggunakan CMS WordPress.

Cara Install WordPress Dengan Mudah
Gambar: idwebhost.com

Ya, WordPress adalah CMS paling populer bukan hanya di Indonesia saja, melainkan juga di dunia karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Dengan berbagai keunggulan yang WordPress punya dan miliki seperti sangat mudah digunakan, sangat cepat, nyaman digunakan, tampilan yang menarik, memiliki berbagai macam plugin yang bermanfaat dan lain–lain, WordPress sangat di sarankan untuk anda yang baru pertama kali atau pemula yang mau mulai membuat website.

Oleh karena itu bagi anda yang baru saja memutuskan ingin buat website baik demi kebutuhan pribadi atau untuk kegiatan bisnis anda, artikel kali ini dijamin akan sangat cocok bagi anda.

“Ah pasti susah deh install wordpress, saya kan awam”, tenang saja, tidak sesulit itu kok. Dan di artikel ini kami akan membeberkan cara menginstall WordPress dengan mudah.

Namun sebelum kesana, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu tentang apa itu WordPress secara lebih mendalam.

Install wordpress
Gambar: idwebhost.com

Apa itu WordPress?

WordPress merupakan sistem manajemen konten atau CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan di dunia.

Lebih dari 30% website dibuat di WordPress dan persentase ini masih akan terus meningkat baik di Indonesia maupun secara internasional di seluruh dunia.

WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting secara global.

Kelebihan WordPress lainnya terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan Anda tak hanya membuat sekedar blog melainkan juga situs e-commerce, portofolio, newspaper, atau apa pun yang diinginkan.

Selain itu CMS paling populer ini juga memiliki software antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Jadi bila anda tahu dan mengerti cara menggunakan Microsoft Word, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan saat hendak mengoperasikan WordPress.

Kelebihan WordPress lainnya terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan Anda tidak hanya membuat blog sederhana, tapi juga situs e-commerce, portofolio, newspaper, atau apa pun yang Anda inginkan.

Salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh WordPress adalah CMS ini memiliki software antarmuka atau interface yang intuitif dan mudah digunakan.

Apabila anda tahu cara menggunakan Microsoft Word, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan tertentu ketika mau mengoperasikan WordPress: membuat dan menerbitkan konten akana semudah membalikan telapak tangan.

Ditambah lagi, WordPress merupakan CMS yang bersifat open-source dan bisa digunakan oleh siapa pun. Bahkan akan memungkinkan jutaan orang di dunia untuk membuat website modern berkualitas tinggi meski Anda masih pemula sekalipun.

Install wordpress
Gambar: idwebhost.com

Oke setelah penjelasan secara singkat tentang wordpress di atas, tanpa perlu banyak basa basi lagi kami akan menjelaskan ke Anda tentang bagaimana cara untuk install wordpress di localhost dengan sangat mudah, gampang dan yang pasti akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Cara Install WordPress dengan Mudah!

Pada artikel kali ini, Kami akan membahas cara install WordPress di localhost menggunakan XAMPP.

Jika Anda belum sempat menginstall XAMPP, silahkan melakukan pemasangan terlebih dahulu karena jika tidak anda tidak bisa mengikuti cara ini sampai habis.

Setelah XAMPP sudah Anda pasang, langkah selanjutnya adalah Anda bisa coba mengaktifkan service database dan Apache supaya localhost bisa berjalan dengan lebih lancar dan mulus. Setelah itu Anda mulai bisa coba ikuti cara mudah install WordPress seperti berikut :

  • Pertama anda bisa coba menyiapkan file WordPress terbaru yang bisa anda download langsung di WordPress.org. Mudah bukan? Lanjut ke cara ke dua
  • Buka folder XAMPP di komputer Anda. Lalu coba buka folder htdocs. Copy paste kan file WordPress ke dalam folder ini. Untuk lebih mudahnya, silahkan coba anda buka Windows Explorer, kemudian ketikkan C:\xampp\htdocs di bagian folder address.

    Sebagai informasi tambahan, Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh berbagai jenis file yang biasanya bisa dibuka di berbagai browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain–lain. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser anda tidak akan bisa membukanya.
  • Jika file Anda masih dalam bentuk compress, silahkan ekstrak terlebih dahulu menggunakan program seperti WinZip atau sejenisnya.

    Setelah itu default folder hasil ekstrak akan bernama “wordpress”. Anda bisa merubah nama WordPress dengan menggunakan nama lain dan pada panduan ini akan kami contohkan dengan menggantinya dengan nama “blogsaya”.
  • Kemudian Anda bisa membuat database di PhpMyAdmin. Setelah itu sekarang Anda bisa membuka browser Anda untuk membuka situs WordPress offline ini, nanti Anda bisa mengaksesnya dengan alamat http://localhost/namafolder.

    Jika milik Anda tetap memakai folder default, maka alamatnya akan menjadi http://localhost/wordpress.

    Pada contoh ini Kami merubahnya menjadi blogsaya. Lalu silahkan coba ketikkan di address bar alamat website di localhost: http://localhost/blogsaya. Lalu pilih bahasa kemudian klik ‘Continue’
  • Cara mudah install wordpress setelah Anda pilih bahasa, akan muncul pengantar dan penjelasan tentang beberapa hal dari WordPress.

    Disini Anda bisa langsung klik lets go!. Setelah itu, isikan nama database, username, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.

    Di bagian Database Host isikan dengan localhost. Lalu jika semua sudah anda lakukan langsung saja klik Submit.
  • Kemudian klik Run, isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Lalu langsung saja pilih install wordpress.
  • Selamat! Anda sudah selesai melalui cara mudah untuk install wordpress!

    WordPress offline Anda sudah jadi dibuat. Silahkan Login. Kemudian silahkan masukkan username dan password yang telah Anda buat di cara sebelum–sebelumnya untuk login dan bisa langsung masuk ke Dashboard WordPress.

idwebhost.com

cara install wordpress
Gambar: idwebhost.com

Setelah Anda bisa login dan masuk, Anda bisa mulai melakukan editing melalui halaman dashboard.

Jika website sudah selesai dan Anda ingin segera meng–online-kan website Anda, segera pesan layanan domain dan hosting di IDwebhost. Karena hanya di IDwebhost yang menyediakan domain dan hosting dengan harga murah dan berkualitas.

Nah berikut tadi merupakan cara install wordpress dengan mudah dan simple.

Yang pasti hal ini akan bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun sebuah website. So, selamat mencoba dan semoga berhasil! terima kasih.


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format