fbpx

5 Mitos Kucing Yang Masih di Percaya di Masyarakat

Hewan lucu dan imut ini memiliki beragam mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat di Indonesia, apa saja ya?


2 shares

Kucing merupakan binatang yang banyak digemari oleh kebanyakan orang tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, walaupun kadang juga menjengkelkan inilah yang membuat kebanyakan orang menyukainya.

Namun, kucing ini juga terkenal sebagai hewan yang memiliki sejarah panjang dan juga berbagai mitos baik dan buruk yang berkembang di kalangan masyarakat.

Ada banyak mitos seputar kucing yang beredar di kalangan masyarakat sejak dulu. Nah, berikut ini adalah 5 mitos tentang kucing yang masih di percaya oleh sebagian masyarakat.

Kucing memiliki 9 nyawa

Salah satu hal yang sering kali didengar tentang mitos yang berhubungan dengan kucing, bahwa kucing memiliki 9 nyawa. Hal ini sendiri tidak lepas dari kucing yang bisa melompat dengan tinggi dan pada saat terjatuh dari tempat yang tinggi tidak akan terluka.

Loading...

Walaupun sebenarnya kucing sendiri memiliki keseimbangan yang sangat baik, di mana hal ini sendiri sudah dibuktikan oleh salah satu ilmuwan bernama Etienne Jules Marey yang berasal dari Perancis pada tahun 1894.

Jadi, bukan karena kucing memiliki nyawa 9, akan tetapi karena kucing dapat menyeimbangkan tubuhnya pada saat terjatuh dari tempat tinggi dengan merenggangkan kakinya dan pada saat sudah akan mendarat mereka akan menekuk kaki untuk mengurangi kecepatan.

Kucing membuat susah hamil

“Susah punya anak karena kucingnya banyak, sih!” Berapa kali kamu pasti pernah mendengar celetukan seperti ini? Anggapan ini wajar saja terjadi karena kucing memang sangat erat dengan parasit yang menyebabkan infeksi, yang disebut toksoplasma.

Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Jika dikatakan kucing membuat susah hamil, ini jelas salah. Namun jika dibilang, kucing bisa berbahaya untuk kehamilan atau pada orang merencanakan kehamilan, bisa saja terjadi jika si pemilik tidak berhati-hati.

Bukan kucingnya yang berbahaya, namun parasit yang ada dalam kotoran kucing tersebut. Kotoran kucing dapat mengandung parasit penyebab infeksi yang disebut toksoplasma.

Jika menabrak kucing akan tertimpa sial

Mitos selanjutnya adalah saat kamu menabrak kucing, banyak orang yang percaya bahwa sang penabrak akan tertimpa kesialan. Mitos yang satu ini sendiri bisa dikatakan yang paling banyak beredar di kalangan masyarakat, di mana jika kita menabrak kucing pasti akan mendapatkan sial.

Kesialan yang dimaksudkan tersebut diantaranya adalah adanya keluarga yang meninggal atau mendapatkan kesialan selama beberapa hari berturut-turut.

Mitos ini sendiri sering kali dikaitkan dengan berbagai macam musibah yang sering terjadi jika menabrak kucing dan tidak segera menemukan kucing atau mengubur kucing tersebut.

Induk kucing memindahkan anaknya sebanyak 7 kali

Salah satu mitos lainnya yang terkenal adalah jika kucing mempunyai anak akan memindahkan anaknya sebanyak 7 kali di tempat yang berbeda.

Mitos ini dipercaya muncul karena insting induk kucing yang menginginkan anak mereka tetap aman dari segala macam jenis predator.

Sebenarnya induk kucing tidak akan memindahkan anaknya apabila tempat melahirkan dirasa aman dan tidak akan ada pengganggu. Lain hal jika tempat tersebut mempunyai banyak sekali gangguan yang berasal dari predator atau manusia.

Jenazah akan hidup lagi jika di lompati kucing hitam

Mitos yang satu ini sendiri terbilang sedikit menyeramkan dan berhubungan dengan kucing yang mempunyai bulu yang warna hitam. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa jika jenazah diloncati kucing hitam akan membuat mayat tersebut hidup lagi.

Lalu jika mayat tersebut akan memeluk orang yang ada di dekatnya maka pelukannya itu akan sangat sulit untuk bisa dilepas. Kucing hitam sendiri memang identik dengan hal mistis dan sering kali dilambangkan sebagai salah satu simbol ilmu gaib. Wah, menyeramkan ya!


Like it? Share with your friends!

2 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format