fbpx

5 Manfaat yang Terkandung dalam Jamur Maitake

Selain bermanfaat sebagai tanaman obat untuk kesehatan, jamur maitake juga memiliki rasa yang lezat jika dimasak.


1 share

Ada berbagai jenis jamur yang dikenal banyak orang, sebagian ada yang bisa diolah menjadi makanan dan obat. Namun sebagian lagi ada yang tidak dapat dimakan bahkan beracun.

Yang akan dibahas kali ini adalah salah satu jenis jamur yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk kesehatan.

Namanya adalah jamur maitake, dari namanya saja tentu kamu sudah bisa menebak darimana asal jamur ini.

Jamur maitake memiliki nama latin grifola frondosa, meskipun dikenal berasal dari Jepang, jamur ini juga bisa ditemukan tumbuh di China dan sebagian Amerika Utara.

Jamur maitake memiliki julukan lain yaitu ‘the dancing mushroom’. Maitake juga disebut King of mushroom karena ukurannya yang besar.

Jamur ini dikenal memiliki reputasi yang baik dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di China dan Jepang, jamur maitake sering digunakan sebagai bahan ramuan penting dalam pembuatan obat tradisional.

Saat ini, ekstrak bubuk jamur maitake dapat dengan mudah ditemukan di banyak toko makanan kesehatan yang bisa digunakan untuk berbagai perawatan.

Selain bermanfaat sebagai tanaman obat untuk kesehatan, jamur maitake juga memiliki rasa yang lezat jika dimasak.

Kandungan Nutrisi Jamur Maitake

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir jamur maitake mentah mengandung 26 kalori, dengan karbohidrat 4,8 g dan protein 1,4 g.

Jamur ini adalah sumber yang sangat baik dari berbagai nutrisi yang meliputi:

  • Niasin
  • Folat
  • Vitamin D
  • dan Kalium

Karena memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, jamur maitake dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, bahkan disebut-sebut bisa sebagai anti-kanker.

5 Manfaat Jamur Maitake

Manfaat kesehatan dari jamur maitake termasuk kemampuannya untuk melawan kanker, mengobati infertilitas alias kemandulan yang disebabkan oleh polycystic ovary syndrom, melindungi sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol.

Jamur Maitake Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena sifatnya yang mengoptimalkan imunitas dan anti-inflamasi, ekstrak maitake memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ekstrak dari jamur maitake juga memiliki manfaat lain sebagai bantuan dalam pengobatan untuk syok septik, asma, dan peradangan sendi autoimun.

Menurunkan Kolesterol

Ekstrak Maitake telah terbukti meningkatkan produksi asam lemak, yang dapat meningkatkan energi dan membantu menjaga arteri tetap bersih.

Dalam studi yang dilakukan, jamur maitake juga secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan telah terbukti menurunkan tekanan darah secara keseluruhan.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 tidak hanya mengganggu produksi glukosa, metabolisme protein dan lipid, tetapi juga menyebabkan peradangan kronis tingkat rendah.

Dalam penelitian, maitake terbukti membantu meningkatkan kadar glikemik, dan penelitian telah menunjukkan sejumlah manfaat anti-inflamasi.

Maitake mungkin merupakan makanan tambahan yang bagus untuk penderita diabetes. Karena maitake mampu menurunkan kadar gula darah sambil mengobati efek lain dari penyakit.

Menurunkan Berat Badan

Memiliki banyak kandungan serat serta rendah kalori, jamur maitake mampu membuat kamu kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak serta kalori.

Jadi, untuk kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan, mungkin mengkonsumsi jamur ini bisa menjadi salah satu cara yang wajib untuk dicoba.

Memiliki Manfaat Anti-Kanker

Jamur Maitake sudah diuji dalam beberapa studi sebagai salah satu makanan penangkal kanker.

Ekstrak Maitake penuh dengan glukan polisakarida, yang dapat meningkatkan respons sel T terhadap sel kanker, serta meningkatkan aktivitas sel NK dan merangsang produksi sitokin.

Penelitian menunjukkan bahwa D-fraction dalam jamur maitake bisa meningkatkan efektivitas protein dan menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga mencegah dan mengobati kanker payudara.

Selain itu, sel darah putih yang salah satunya adalah makrofag juga membantu menghancurkan sel-sel tumor, mengurangi efek samping penggunaan obat anti-kanker, seperti mual, muntah, dan rambut rontok.


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
1
Takut

Comments

comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format

Send this to a friend