fbpx

Manfaat Mandi Air Dingin Saat Pagi Hari

Mandi di pagi hari merupakan sebuah aktivitas yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh. Biasanya mandi pagi dilakukan sekitar pukul enam atau tujuh pagi, sebelum berangkat sekolah, bekerja, atau saat akan melakukan aktivitas lainnya.


Mandi di pagi hari merupakan sebuah aktivitas yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh. Biasanya mandi pagi dilakukan sekitar pukul enam atau tujuh pagi, sebelum berangkat sekolah, bekerja, atau saat akan melakukan aktivitas lainnya.

Tapi, apakah kamu pernah mencoba mandi saat subuh? Bagi kalian yang pernah, pasti biasanya merasa malas karena dingin dan memilih mandi menggunakan air hangat.

Sebenarnya walaupun dingin, mandi pagi hari terutama saat subuh menggunakan air dingin, ternyata memiliki banyak manfaat loh, lalu apa saja manfaat yang bisa kita peroleh mandi menggunakan air dingin saat pagi hari?, yuk simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

Mengurangi kadar gula darah

Manfaat mandi saat pagi hari terutama saat subuh dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan adanya proses detoksifikasi sehingga kadar gula dalam darah mampu diseimbangkan oleh suhu air saat mandi pagi.

Membuat sirkulasi darah menjadi lancar

Mandi dengan air dingin di pagi hari juga akan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Hal ini akan membantu fungsi organ berjalan secara maksimal, membuat proses penyembuhan menjadi lebih baik, dan mengatasi berbagai peradangan.

Membantu melawan penyakit

Mandi pagi dengan air dingin diduga dapat merangsang sel darah putih (leukosit) dalam aliran darah kita. Leukosit ini berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi dengan air dingin bisa membantu tubuh kita berperang melawan serangan penyakit, seperti pilek dan flu.

Membuat rambut menjadi semakin sehat

Dengan mandi air dingin di pagi hari, apalagi sekalian berkeramas, maka kita akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Rambut tentu akan menjadi lebih sehat, tidak mudah kusam, dan tidak mudah rontok.

Meringankan nyeri otot

Nyeri otot setelah olahraga atau menjalani aktivitas fisik tertentu merupakan hal yang pernah dialami oleh hampir setiap orang. Untungnya, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri ini, yaitu beristirahat, mengurangi intensitas olahraga, dan mandi air dingin. Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan nyeri otot berkurang setelah mandi air dingin, namun diduga berkaitan dengan efek relaksasi dan aktivitas saraf yang dapat meredam efek nyeri

Membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat

Dengan mandi air dingin di pagi hari, maka tubuh akan terangsang untuk memproduksi sel darah putih dengan jumlah yang lebih banyak. Sebagaimana kita ketahui, sel darah putih merupakan ‘tentara’ utama tubuh kita untuk melawan berbagai serangan virus, kuman, atau bakteri yang bisa memicu datangnya masalah kesehatan pada tubuh kita.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
2
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format