fbpx

Leher Kamu Sering Terasa Pegal? Mungkin Ini Penyebabnya


Kamu mungkin saja pernah merasakan pegal di bagian leher atau pundak yang menyebabkan rasa nyeri, kaku, dan tegang, hal ini jelas sangatlah mengganggu.

Karena, rasa kaku yang terjadi di bagian leher membuat kamu tidak bisa leluasa menggerakan kepala, dan butuh sedikit perjuangan untuk sekedar menengok. Tidak jarang kamu juga harus memalingkan seluruh badan agar bisa melihat sekeliling.

Jika pegal di leher terjadi secara terus menerus dan tidak ditangani secara serius hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, loh lalu kenapa bisa kamu merasakan pegal di bagian leher? nah, berikut ini adalah berbagai penyebab kamu sering merasakan pegal pada leher.

Banyak menahan posisi kepala ke depan

Hal pertama yang membuat leher sering pegal yaitu kamu terlalu sering menahan kepala dengan posisi berada di depan terlalu lama dan terus menerus. Pasalnya, posisi ini memang sering banget kamu lakukan karena memang kegiatan yang menuntut kamu. Jadi, biar leher kamu tidak cepat pegal, hindari berada terlalu lama di posisi ini. Jika kamu terlalu lama, leher kamu akan mengalami kram yang berkelanjutan sampai nantinya akan mneyebabkan kebengkakan pada otot dibagian leher.

Stress

Hal berikutnya yaitu diakibatkan karena kamu sedang banyak pikiran atau stress. Stress ini juga bisa menyebabkan leher sering sakit karena otot bagian leher sering tegang, jadi otomatis bakalan membuat leher kaku. Karena leher yang tidak ada tulangnya ini hanya terdiri dari sendi, otot dan iga tulang rawan. Jika kamu stress, otot akan kaku, bengkak dan kamu akan merasa pegal.

Nyeri otot

Berikutnya yaitu karena kamu salah gerak pada saat kamu menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri. Pada dasarnya, membunyikan leher atau menggerakkan leher terlalu sering ini tidak baik. Hal ini dikarenakan otot pada leher dapat mengalami cedera akibat shock.

Radang selaput atau meningtis

Meningitis adalah peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Pada orang yang memiliki meningitis, demam dan sakit kepala seringkali juga terjadi bersamaan dengan sakit leher. Meningitis dapat berakibat fatal, sehingga sangat memerlukan perawatan medis.

Cedera

Leher sangat rentan terhadap cedera, terutama akibat jatuh, kecelakaan mobil, dan olahraga, dimana otot dan ligamen leher dipaksa untuk bergerak di luar kisaran normal mereka. Jika tulang leher retak, maka sumsum tulang belakang juga bisa rusak. Cedera leher akibat sentakan tiba-tiba di kepala kamu, biasa disebut dengan “whiplash“.

Ketegangan Otot

Hal ini bisanya disebabkan oleh aktivitas dan perilaku seperti postur tubuh yang buruk, duduk terlalu lama tanpa mengubah posisi, tidur dengan posisi leher yang buruk, menyentak leher saat olahraga.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format