fbpx

5 Manfaat yang Terkandung dalam Buah Naga

Buah naga dipercaya kaya akan nutrisi serta rendah kalori, banyak yang mempercayai buah ini bermanfaat untuk memerangi penyakit kronis, meningkatkan kesehatan usus, dan meningkatkan kekebalan tubuh.


1 share

Pitaya, atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama buah naga merupakan buah yang dipercaya memiliki banyak manfaat.

Buah naga dipercaya kaya akan nutrisi serta rendah kalori, banyak yang mempercayai buah ini bermanfaat untuk memerangi penyakit kronis, meningkatkan kesehatan usus, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, buah naga juga tinggi serat dan juga berbagai vitamin serta mineral termasuk mangan dan zat besi.

Manfaat kesehatan dari buah naga yang terkenal khasiatnya beberapa diantaranya ialah untuk membantu penurunan berat badan, mengendalikan diabetes, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan stamina.

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah kanker dan penyakit jantung, khasiat lain dari buah naga yaitu mampu melawan bakteri dan jamur serta mengoptimalkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Nutrisi Buah Naga

Buah naga dikenal sebagai buah yang rendah kalori dan kaya antioksidan, membuatnya menjadi salah satu makanan yang bagus untuk diet penurunan berat badan.

Menurut USDA, buah naga mengandung jumlah serat, likopen, dan karbohidrat yang baik serta vitamin yang larut dalam air seperti karoten, vitamin C dan vitamin B niacin dan riboflavin.

Kekayaan mineral yang terkandung dalam buah ini juga tinggi, beberapa diantaranya termasuk magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan natrium.

Buah naga dipercaya mengandung fitonutrien yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam Food Chemistry menunjukkan bahwa ada asam lemak tak jenuh ganda (asam linolenat), asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam biji buah naga.

5 Manfaat kesehatan dari Buah Naga

Manfaat kesehatan dari buah naga terutama dikaitkan dengan sifat antioksidan, antibakteri, dan nutrisi.

Manfaatnya termasuk meningkatkan imunitas, metabolisme yang lebih cepat, dan memperlancar proses pencernaan.

1. Melindungi Terhadap Kanker

Sebuah penelitian terbaru tentang buah naga menunjukkan bahwa buah ini memiliki sifat antikanker terutama dalam kasus kanker usus besar.

Seiring dengan kualitas antioksidan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya.

Menurut penelitian, karoten dan likopen, yang ditemukan dalam buah naga, adalah antioksidan kuat yang telah dikaitkan dengan sejumlah kualitas anti-karsinogenik.

Kandungan tersebut membantu dalam mengurangi kemungkinan kanker prostat serta ukuran tumor dalam tubuh.

Selain itu buah naga juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, itu adalah langkah pertama yang baik bagi mereka yang sering sakit, atau bahkan berisiko tinggi terkena kanker.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah studi penelitian pada tahun 2011, daging dan kulit pitaya putih dan merah memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas.

Kandungan ini dipercaya mampu untuk mencegah proliferasi sel kanker. Selain itu, antioksidan ini juga berfungsi meningkatkan jumlah trombosit, sehingga bisa juga untuk mengobati demam berdarah dan membantu pemulihan yang lebih cepat.

3. Mengontrol Diabetes

Konsumsi buah naga secara teratur dipercaya mampu untuk menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dan mereka yang menderita diabetes.

Dalam ulasan penelitian tahun 2017, ditemukan bahwa keseluruhan penderita diabetes menunjukkan penurunan kadar gula darah yang nyata dibandingkan dengan orang yang belum makan buah naga.

Lebih lanjut, pradiabetik dengan konsumsi buah naga yang lebih tinggi menunjukkan pengurangan glukosa darah yang lebih besar.

4. Kaya Zat Besi & Mencegah Anemia

Buah naga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada seseorang yang anemia.

Ini juga membantu dalam produksi sel darah merah, yang kemudian membantu dalam oksigenasi yang tepat dari organ vital.

5. Sumber Antioksidan yang Baik Untuk Kulit

Buah naga kaya akan antioksidan, selain itu, kandungan air yang ada di dalamnya juga cukup banyak dan memiliki manfaat untuk melembabkan kulit jika dikonsumsi secara teratur.

Kandungan vitamin C pada buah naga juga bermanfaat untuk mendorong regenerasi sel kulit yang rusak. Bagi yang memiliki jerawat, kandungan ini bisa mempercepat penyembuhannya. Coba gunakan buah naga sebagai spot treatment di bagian yang berjerawat.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah naga, mulai dari mengobati jerawat, hingga mencegah kanker dan penyakit kronis lainnya.


Like it? Share with your friends!

1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format