fbpx

5 Manfaat yang Terkandung dalam Buah Apel

Apel dipercaya sarat akan kandungan fitonutrien, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


2 shares, 1 point

Apel dipercaya sarat akan kandungan fitonutrien, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Fitonutrien merupakan senyawa nabati yang hanya dapat diperoleh melalui makan buah dan sayuran. Fitonutrien biasanya sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan vitamin dan mineral memberi struktur pada tubuh kita dan sistem yang beroperasi di dalamnya. Lalu antioksidan akan membantu fungsi tubuh kita menjadi lebih efisien dan mencegah kerusakan oksidatif, yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Selama berabad-abad lamanya, apel telah dipercaya memiliki banyak kandungan manfaat kesehatan di dalamnya karena membantu menyembuhkan tubuh.

Namun, baru di masa modern seperti sekarang ini metode ilmiah mampu mempelajari buah ini secara luas.

Loading...

Uniknya, memang banyak klaim terpenting tentang manfaat apel yang ternyata benar.

Beberapa manfaat dari apel antara lain dapat memperbaiki jaringan yang rusak yang dapat merusak kekuatan atau penglihatan, hingga mempertahankan aliran listrik yang tepat ke otak sehingga dapat berkomunikasi secara efektif.

Berikut adalah 5 manfaat kesehatan dari apel, yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

  • Apel dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan
  • Apel dapat mengurangi kolesterol LDL
  • Apel dapat meningkatkan kesehatan mental dan kecerdasan
  • Apel dapat mencegah penyakit jantung
  • Apel dapat membantu kamu bernafas lebih baik

Manfaat Lain Apel bagi Kesehatan

Beberapa poin di bawah ini akan membahas beberapa manfaat kesehatan terbaik dari apel yang sebenarnya dapat membantu menjauhkan tubuh dari berbagai serangan penyakit, penasaran?

Ini dia 5 manfaat dari apel yang harus kamu tahu.

1. Membantu Sistem Pencernaan

Penelitian oleh Dr. Ferdous Gheyas dari Departemen Ilmu Hortikultura di North Carolina State University, melaporkan bahwa apel kaya akan serat larut.

Menurut Database Nutrien Nasional USDA, satu apel besar mampu menyediakan 20 persen dari asupan serat makanan harian yang direkomendasikan.

Serat membantu meningkatkan proses pencernaan. Konsumsi serat secara teratur dalam apel memastikan pergerakan usus halus dan pencegahan sembelit, diare, sindrom iritasi usus (IBS), dan gangguan perut lainnya.

Serat juga menstimulasi pelepasan asam lambung dan pencernaan untuk memastikan penyerapan nutrisi yang efisien.

Sementara itu secara bersamaan membuang kelebihan kolesterol dari pembuluh darah dan arteri untuk memastikan kesehatan jantung serta mengurangi kemungkinan aterosklerosis.

2. Potensi Antikanker

Apel telah dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati serta mencegah berbagai jenis kanker, terutama kanker kulit, kanker payudara, dan kanker usus besar dalam penelitian yang ditunjukkan pada hewan.

Melalui pengamatan epidemiologis yang dicatat dalam jurnal Planta Medica, konsumsi teratur satu atau lebih apel dalam sehari dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan usus besar.

Apel menunjukkan kapasitas yang berbeda dan tak terbantahkan untuk mengurangi kanker paru-paru dan memperlambat penyebarannya jika memang berkembang.

Hipotesis biasanya berbicara tentang kandungan fitonutrien yang tinggi, termasuk kaempferol dan quercetin, tetapi mekanisme yang tepat untuk dampak apel pada kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Efek Prebiotik

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak seperti prebiotik. Ini secara khusus membantu meningkatkan fungsi bakteri yang hidup di usus besar.

Apel merangsang metabolisme dalam saluran pencernaan dan mendorong bakteri baik pada usus.

Efek prebiotik ini mengarah pada peningkatan kesehatan dengan memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menghilangkan bakteri dan racun yang berbahaya.

4. Kurangi Risiko Stroke

Studi telah menunjukkan bahwa asupan apel secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko stroke trombotik pada pria dan wanita.

Para ahli nutrisi meyakini, kandungan senyawa quercetin pada apel memainkan peran penting dalam melawan stroke.

Peneliti mengatakan, biokimia tersebut mampu untuk mengurangi peradangan, yang berhubungan dengan pengerasan pembuluh darah pada penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel yang kaya akan vitamin C, senyawa antioksidan dan protein dapat memiliki peran utama dalam mencegah kelemahan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tonus otot.

Jika kamu ingin menambah berat badan, apel, dalam kombinasi dengan bahan-bahan lain yang tinggi kalori dan protein, harus menjadi bagian dari diet harian kamu. Mereka juga membantu dalam mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Like it? Share with your friends!

2 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
1
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format