fbpx
Muslim Couple
Image: Hijabi Fashions

Sifat-Sifat Istri yang Menghambat Rezeki Suami

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, suami dan istri haruslah saling melengkapi satu sama lain.


1 share, 1 point

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, suami dan istri haruslah saling melengkapi satu sama lain. Suami adalah kepala keluarga yang wajib untuk menafkahi keluarganya, sedangkan peran istri di dalam rumah tangga adalah mengurusi kebutuhan suami dan anak-anaknya.

Setiap keluarga pasti menginginkan rezeki yang lancar, apalagi semakin hari kebutuhan dan biaya hidup akan terus meningkat. Inilah yang sering menjadi ujian dalam sebuah rumah tangga.

Kadang ada istri yang marah kepada suami saat pemasukan berkurang, hal itu memang wajar dan sering terjadi. Namun, daripada menyalahkan suami, tidak ada salahnya juga untuk introspeksi diri sendiri.

Sebab, seretnya rezeki suami juga bisa datang sifat-sifat istri yang menghambat rezeki suami. Biasanya sifat-sifat ini sering dilakukan, tetapi tidak disadari, inilah sifat-sifat istri yang bisa menghambat rezeki suami:

1. Kurang Bersyukur dengan Rezeki yang Diberikan Allah

Kurang bersyukur adalah salah satu penghambat rezeki. Padahal, Allah sendiri mengatakan di dalam Alquran bahwa barangsiapa yang bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmat kepada hamba-Nya.

Loading...

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” [QS. Ibrahim ayat 7]

Karena, salah satu cara untuk mendapatkan rezeki Allah adalah dengan bersyukur.

2. Mengabaikan Kewajiban dalam Beribadah

Salah satu hal yang menghambat rezeki adalah melalaikan ibadah kepada Allah. Jika seorang istri mengabaikan ibadah kepada Allah, itu juga bisa menjadi salah satu alasan penghambat rezeki suami.

Dengan beribadah dan selalu mengingat Allah, secara otomatis kita juga akan lebih dekat dengan Allah. Oleh karena itu, jika rezeki suami terasa seret, maka cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pemberi Rezeki, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan cara lebih rajin dalam beribadah dan berdzikir.

3. Merasa Berat Untuk Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu jalan pembuka rezeki. Barangsiapa yang bersedekah, maka Allah akan membalas kebaikannya berkali-kali lipat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” [QS. Al-Hadid ayat 18]

Jangan merasa berat untuk bersedekah, sebab bersedekah tidak akan mengurangi harta. Malah, Allah akan memberikan keberkahan dan memberikan pahala yang banyak untuk yang bersedekah.

4. Durhaka Kepada Suami

Janganlah jadi istri yang durhaka kepada suami jika ingin rezeki suami lancar. Sebab, salah satu penghambat rezeki suami adalah durhakanya istri terhadap suami.

Beberapa hal yang termasuk dalam sifat durhaka kepada suami adalah melawan suami, tidak mengurusi dan melayani suami, serta membicarakan keburukan suami kepada orang lain.

Selain itu, durhaka terhadap suami juga merupakan salah satu perbuatan dosa yang ancamannya tidaklah ringan.

5. Tidak Suka Bersilaturahmi

Keutamaan bersilaturahmi adalah salah satunya bisa memperpanjang umur dan melapangkan rezeki.

Menjaga hubungan baik dengan keluarga, tetangga dan orang lain yang kita kenal adalah salah satu bentuk silaturahmi. Istri yang tidak suka bersilaturahmi dan sering menutup diri dari keluarga dan lingkungan sekitar bisa jadi salah satu alasan penghambat rezeki suami.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” [HR. Bukhari]

Itulah beberapa hal yang bisa menghambat rezeki suami. Bagi seorang istri, cobalah untuk introspeksi diri sendiri dan merubah sikap untuk menjadi lebih baik lagi agar rezeki suami lancar dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Like it? Share with your friends!

1 share, 1 point

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
2
Bangga
Keren Keren
4
Keren
Lucu Lucu
1
Lucu
Sedih Sedih
2
Sedih
Wow Wow
6
Wow
Marah Marah
1
Marah
Takut Takut
2
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format