Sejarah Islam: Perang Badar, Pertempuran Besar Pertama Kaum Muslimin

Pertempuran Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 hijriyah. 1 min


3 shares
Ilustrasi Perang

Pertempuran Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 hijriyah. Dalam pertempuran itu, kaum muslimin yang hanya berjumlah 313 orang berhasil mengalahkan pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 pasukan.

Setelah umat Islam mengalami intimidasi, kesulitan dan duka, mereka meninggalkan kampung halaman mereka di Mekkah. Rasulullah kemudian mengadakan rencana penyergapan kafilah Quraisy yang baru kembali dari Syam menuju Mekkah.

Ketika kafilah dagang Quraisy Mekkah mendekati Madinah, rencana penyergapan kafilah oleh kaum muslimin itu sampai ke telinga Abu Sufyan yang memimpin kelompok dagang tersebut.

Ia kemudian mengirim utusan ke Mekkah untuk meminta bantuan. Mendengar berita itu, kaum Quraisy Mekkah mempersiapkan pasukan sejumlah 900-1.000 orang untuk melindungi kelompok dagang tersebut.

Dalam pasukan tersebut, para bangsawan Quraisy juga ikut serta. Diantaranya adalah Amr bin Hisyam atau Abu Jahal, Walid bin Utbah, Syaibah bin Rabi’ah, dan Umayyah bin Khalaf.

Mendengar kabar pergerakan kaum Quraisy tersebut, Rasulullah kemudian duduk khusyuk dan bermunajat kepada Rabb-nya yang Maha Penolong. Nabi kemudian berdoa:

“Ya Allah, penuhilah janji-Mu kepadaku. Ya Allah, berikanlah apa yang telah Engkau janjikan kepadaku. Ya Allah, jika Engkau membinasakan pasukan Islam ini, maka tidak ada yang akan beribadah kepada-Mu di muka bumi ini.” [HR. Muslim]

Dalam riwayat ini juga disebutkan bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam terus bermunajat kepada Rabb-nya hingga selendang beliau jatuh dari pundak. Abu Bakar Radhiyallahu anhu datang dan mengambil selendang tersebut kemudian meletakkan kembali di pundak beliau.

Abu Bakar Radhiyallahu anhu berkata, “Wahai Nabi Allah, sudah cukup engkau bermunajat kepada Rabb-mu, Allah pasti akan memenuhi janji-Nya.”

Lalu turunlah firman Allah:

“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, “Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” [QS. Al-Anfal ayat 9]

Setelah itu Abu Bakar Radhiyallahu anhu memegang tangan beliau dan berkata, “Cukup wahai Rasulullah, engkau telah berkali-kali memohon kepada Rabb-mu”. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam segera mengambil baju besi dan terjun ke medan tempur seraya membaca firman Allah:

“Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang.” [QS. Al-Qamar ayat 45]

Perang besar pertama ini pun dimenangkan oleh kaum muslimin. 70 orang-orang musyrik tewas dalam perang Badar tersebut.

Di antara mereka adalah tokoh-tokoh Quraisy seperti: Abu Jahal, Utbah bin Rabiah, Syaibah bin Rabiah, Umayyah bin Khalaf, al-Ash bin Hisyam bin al-Mughirah.

Dari pihak kaum muslimin, 14 orang menemui syahidnya. 6 orang Muhajirin, dan 8 orang Anshar.


Like it? Share with your friends!

3 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend