Apa Itu Startup Unicorn?

Istilah unicorn belakangan ini menjadi istilah yang ramai diperbincangkan di Indonesia.1 min


2 shares

Istilah unicorn belakangan ini menjadi istilah yang ramai diperbincangkan di Indonesia. Terlebih lagi ketika dalam debat capres beberapa waktu lalu, Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo memberikan pertanyaan tentang unicorn kepada Prabowo Subianto yang merupakan Calon Presiden Nomor Urut 02.

Dalam salah satu sesi debat capres itu, Jokowi bertanya kepada Prabowo,

“Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk dukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia?”, tanya Jokowi kepada Prabowo.

Ketika diberi pertanyaan tersebut, Prabowo sempat bertanya balik kepada Jokowi, “Yang bapak maksud unicorn? unicorn? yang apa itu, yang online-online itu?” tanya Prabowo.

Warganet yang menyaksikan debat capres itu pun langsung menyerang Prabowo karena dianggap tidak mengetahui dan memahami dunia startup dan perusahaan teknologi.

Kebanyakan orang yang masih awam dengan istilah-istilah dalam dunia startup, tentu yang ada dibayangan mereka ketika mendengar istilah Unicorn ini pasti akan berfikir tentang makhluk mitologi berbentuk kuda bertanduk satu seperti yang dikenal oleh banyak orang selama ini.

Namun, Apa Itu Unicorn dalam Dunia Startup?

Ketika berbicara tentang dunia startup, Unicorn adalah sebuah startup atau perusahaan teknologi yang memiliki nilai valuasi sebesar US$ 1 miliar.

Istilah Startup Unicorn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 oleh pemodal kapital Aileen Lee. Ia menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar.

Berdasarkan riset CB Insight, hingga Januari 2019 ada lebih dari 300 unicorn di seluruh dunia. Dari 300 lebih startup unicorn di seluruh dunia tersebut, 4 diantaranya ada di Indonesia, startup unicorn di Indonesia itu adalah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

Selain Unicorn, ada juga istilah-istilah lain yang nantinya bisa diberikan kepada sebuah startup seperti Decacorn untuk menyebut perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi US$ 10 miliar. Lalu ada juga istilah Hectocorn yang diberikan kepada startup dengan nilai valuasi US$ 100 miliar.


Like it? Share with your friends!

2 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend