fbpx
Super Wealthy
Ilustrasi orang-orang super kaya.

5 Bahaya Gaya Hidup Sok Kaya dengan Gaji Pas-pasan

Dengan gaji pas-pasan, menjalani gaya hidup sok kaya akan sangat berbahaya untuk diri sendiri lho!


2 shares, 2 points

Setiap orang pasti memiliki gaya hidupnya masing-masing, ada yang suka dengan gaya hidup sederhana dan apa adanya, tetapi ada juga yang memilih gaya hidup yang mengikuti perkembangan zaman dan tren.

Memilih gaya hidup mewah dan modern di zaman sekarang, bagi sebagian orang mungkin memiliki nilai tersendiri. Seperti agar terlihat keren dengan pamer foto-foto kekinian dengan barang-barang mewah di media sosial, atau agar tidak ingin ketinggalan zama dan tren.

Sah-sah saja jika ada orang yang memilih gaya hidup yang seperti itu, asalkan jangan sampai memaksakan diri untuk berlagak sok kaya demi terlihat eksis di media sosial atau hanya sekedar ingin mengikuti tren saja.

Sebab, ada juga orang-orang yang memaksakan diri untuk berlagak sok kaya demi terlihat eksis di media sosial, padahal penghasilan mereka pas-pasan.

Dengan gaji pas-pasan, menjalani gaya hidup seperti itu akan sangat berbahaya untuk diri sendiri lho! dan inilah 5 bahaya berlaga sok kaya dengan gaya hidup mewah, padahal gaji cuma pas-pasan.

Loading...

1. Selalu Hidup “Dibalik Topeng”

Hidup dibalik topeng.
Hidup dibalik topeng.

Memaksakan diri untuk berlagak sok kaya dengan gaji pas-pasan akan membuatmu selalu “hidup dibalik topeng”. Sebab, semua yang kamu lakukan itu palsu, dan kamu tidak bisa menjadi dirimu sendiri.

Yang lebih parah lagi, jika suatu saat nanti “wajah aslimu” ketahuan, nama baik kamu juga bisa hancur.

2. Rentan Stres dan Tertekan

Stres karena uang.
Stres karena uang.

Gaya hidup mewah sangat rentan membuat seseorang stres dan tertekan. Sebab, gaya hidup tersebut sangat berdampak besar pada keuangan seseorang, apalagi jika orang tersebut memaksakan menjalankan gaya hidup mewah dengan gaji pas-pasan.

Demi memenuhi gaya hidupnya, orang-orang yang berlagak sok kaya tidak akan pikir panjang untuk menghamburkan uang yang mereka miliki, entah untuk urusan fashion, kosmetik, traveling, atau hanya untuk sekedar nongkrong di tempat berkelas.

Nah, di akhir bulan, orang-orang seperti ini akan mengalami stres berat ketika mereka tidak lagi mampu membiayai gaya hidupnya, atau bahkan untuk membiayai kebutuhan mereka sehari-hari, sebab gaji bulanan mereka sudah habis sebelum akhir bulan.

3. Memunculkan Sifat Negatif

Salah satu sifat buruk adalah iri hati.
Salah satu sifat buruk adalah iri hati.

Seseorang yang terbiasa hidup modern cenderung memiliki sifat negatif seperti sombong ataupun iri.

Sifat sombong muncul disaat seseorang memiliki apa yang jarang dimiliki orang lain seperti barang mewah, pakaian mahal, dan lain sebagainya. Sementara itu, sifat iri muncul saat keinginannya tak terpenuhi, sedangkan orang lain dapat memenuhi keinginannya itu.

4. Boros

Boros
Boros

Gengsi yang dituruti akan menyebabkan seseorang dengan mudah untuk menghamburkan uang, bahkan untuk hal yang tidak mereka butuhkan sekalipun.

Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan keuangan, sebab ini termasuk pemborosan. Demi gaya hidup mewah dan sok kaya, hal-hal yang tidak diperlukan malah rela dibeli, sebaliknya, hal-hal yang lebih penting justru diabaikan.

5. Terjebak Lilitan Hutang

Lilitan hutang yang membuat stress
Lilitan hutang yang membuat stress

Gaji pas-pasan tentu tidak akan bisa untuk menutup biaya gaya hidup mewah. Dari sini, orang yang berlagak sok kaya rela untuk mencari hutang kesana-kemari demi memenuhi gaya hidupnya.

Alhasil, penghasilan bulanan yang seharusnya cukup untuk hidup sebulan, bahkan bisa ditabung malah ludes sebelum akhir bulan untuk menuruti gaya hidup mewah dan membayar hutang.

Jika diteruskan, hal ini akan terus berlanjut sampai kapanpun, dan orang yang mengikuti gaya hidupnya itu tidak akan bisa memiliki cadangan uang sampai kapanpun.

Seorang pengusaha sukses pernah mengatakan,

Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu.

Bob Sadino

Ya, perkataan itu memang benar dan patut untuk jadi pegangan. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat kaya dengan gaya hidup mewah, kita rela melakukan apapun bahkan dengan gaji yang pas-pasan.

Cukup nikmati apa yang ada, dan selalu bersyukur pasti hidup kita akan selalu tercukupi.


Like it? Share with your friends!

2 shares, 2 points

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
1
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
1
Lucu
Sedih Sedih
2
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Ahlun Nazar

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format