Pernah Timbul Benjolan Di Belakang Telinga? Ini Dia Penyebabnya


0

Apa kamu pernah merasakan munculnya benjolan di belakang telinga kamu? benjolan di belakang telinga ini biasanya menimbulkan pertanyaan bagi kamu. Apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak, apalagi jika benjolan tersebut disertai dengan rasa sakit dan ukuran yang semakin membesar.

Benjolan di area belakang telinga bisa dikatakan serius apabila gejala yang menyertainya terus-menerus dirasakan oleh penderita. Jadi, penting untuk diketahui penyebab yang pasti dari timbulnya benjolan tersebut

Munculnya benjolan baik yang berukuran besar maupun kecil tentu sangat mengganggu aktifitas keseharian kamu. Oleh karenanya, disarankan untuk kamu yang mengalami hal demikian agar lebih teliti terhadap faktor penyebab serta cara menanganinya baik secara medis atau non medis.

Penanganan yang dilakukan dengan segera dan tepat pada sasaran akan menghindarkan kamu dari risiko penyakit kronis yang kemungkinan ditandai dari adanya benjolan tersebut. Berikut ini adalah ulasan tentang benjolan di belakang telinga dan cara mengatasinya dengan tepat.

Peradangan kelenjar getah bening

Pada bagian belakang telinga terdapat kelenjar getah bening yang akan bereaksi saat tubuh terserang penyakit. Fungsi dari kelenjar getah bening sendiri berkaitan dengan sistem imunitas tubuh. Peradangan kelenjar getah bening menyebabkan benjolan di belakang telinga.

Pembesaran getah bening di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan abses gigi. Kondisi ini biasanya bukan hal yang serius, namun dalam beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening membutuhkan perawatan medis bila tidak mereda dalam beberapa hari.

Munculnya benjolan di belakang telinga umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian tubuh, antara lain leher, pangkal paha, ketiak, panggul dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi serta membuang sampah sel dari tubuh.

Cara menyembuhkan benjolan di belakang telinga yang disebabkan oleh peradangan kelenjar getah bening adalah dengan meningkatkan kesehatan tubuh, di mana hal ini akan otomatis membuat benjolan semakin mengecil.

Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau trauma kulit.

Kista jenis ini biasanya bisa menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Tapi, jika kista terinfeksi maka bisa menyebabkan abses yang mengakibatkan inflamasi dan penderita harus segera diobati.

Infeksi Kulit

Ketika benjolan disebabkan oleh adanya infeksi kulit oleh bakteri, maka akan terlihat permukaan kulit yang memerah dan meradang, terkadang ditemukan pengelupasan kulit dan tentu saja terasa nyeri.

Beberapa faktor yang memudahkan terjadinya infeksi kulit antara lain masalah persarafan, stres, perubahan iklim, kelelahan serta infeksi bakteri atau jamur. Orang yang memiliki penyakit Parkinson, AIDS atau epilepsi lebih mungkin untuk terkena dermatitis seboroik, yaitu infeksi kulit yang disertai dengan penumpukan zat lilin berwarna kekuningan pada kulit dan terasa gatal.

Otitis Media

Otitis media atau infeksi telinga tengah disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi ini menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di belakang gendang telinga sehingga benjolan di belakang telinga dapat terjadi. Penyakit yang menimbulkan benjolan di belakang telinga ini cenderung menyerang anak-anak berusia 6 hingga 15 bulan.

Umumnya, dokter akan menyarankan penggunaan obat anti inflamasi kemudian melihat apakah gejala berkurang. Bila gejala tidak kunjung hilang setelah 3 hari, antibiotik akan diberikan.

Mastoiditis

Bagian belakang telinga terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid akibat mostoiditis menyebabkan bengkak di belakang telinga dan menonjol dari kulit.

Biasanya benjolan disertai nyeri telinga, demam, berkurangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga. Benjolan di belakang telinga yang disebabkan mastoiditis cenderung menyerang bayi dan balita.

Jerawat

Salah satu permasalahan yang sering dialami banyak orang munculnya jerawat di kulit wajah. Fakta menemukan bahwa benjolan kecil di belakang telinga ini dapat disebabkan oleh jerawat.

Karena jerawat menyumbat kulit dengan minyak dan sel-sel kulit mati, di dalam jerawat juga terdapat bakteri yang menyebabkan peradangan sehingga tampak seperti benjolan di belakang telinga.

Segera berkonsultasi dengan dokter kulit guna mengatasi benjolan di belakang telinga dan jangan sekali-kali dengan sengaja mencoba memecahkan jerawat yang meradang karena akan berdampak pada kerusakan kulit.

Lipoma

Lipoma merupakan kondisi benjolan di belakang telinga yang terjadi akibat tumpukan lemak kecil di antara lapisan kulit dan dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Benjolan di belakang telinga ini memiliki tekstur lembut, cenderung menyerang orang-orang usia dewasa muda dan turun temurun. Akan tetapi, benjolan di telinga ini dapat membengkak dan menekan saraf.

Cara menyembuhkan benjolan di belakang telinga akibat lipoma adalah menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut karena benjolan ini dapat menjadi tanda kanker liposarkoma.

Abses

Abses terjadi ketika tubuh melawan virus atau bakteri penyebab infeksi di sel atau jaringan tubuh. Guna memerangi virus atau bakteri, tubuh mengirim sel darah putih ke tempat yang terinfeksi, misalnya di belakang telinga.

Sel darah putih, bakteri, sel, dan jaringan tubuh yang bertempur dan mati kemudian akan menumpuk dalam bentuk nanah dan mengakibatkan benjolan di belakang telinga.

Abses yang kecil kemungkinan bisa mengecil, mengering, dan hilang secara alami tanpa pengobatan apa pun. Namun, abses yang lebih besar perlu diobati dengan antibiotik. Nanahnya pun perlu dikeringkan dengan bantuan dokter.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
1
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format