Kamu Sedang Sakit? Kenali Kondisi Kamu Dari Warna Ingus!


0

Apa kamu pernah memerhatikan warna ingus saat sedang sakit? Jika diperhatikan, warna ingus atau lendir yang dihasilkan tidaklah selalu sama. Kadang warnanya kuning, hijau, atau bahkan kemerahan. Lalu, sebenarnya apa sih arti warna ingus bagi kesehatan tubuh kamu? Berikut ulasannya.

Jernih

Jika warna ingus atau lendir jernih, artinya keadaan kamu masih normal. Lendir yang normal biasanya jernih dan bertekstur tebal seperti lem.

Ingus mengandung air, protein, antibodi dan larutan garam. Jika lendir kamu seperti itu, artinya tubuh kita tidak memiliki virus dan infeksi. Namun, apabila lendir yang keluar cukup banyak, harus tetap diperiksakan ke dokter.

Putih

Jika lendir hidung berwarna putih, maka dapat menunjukkan bahwa kamu sedang flu atau alergi. Lendir normal yang biasa diproduksi oleh jaringan dalam hidung bisa mengental jika terjadi penyumbatan dalam hidung. Penyumbatan ini akan menahan lendir, sehingga lendir mulai kehilangan cairan dan berwarna keputihan.

Kuning

Jika lendir berwarna kuning, artinya kita memiliki virus dan infeksi sinusitis. Lendir dengan warna kuning terang biasanya menandakan tubuh kamu sedang melawan sesuatu, biasanya virus flu.

Pada awalnya berwarna kuning terang, tapi dalam beberapa hari ke depan bisa berubah menjadi lebih gelap. Ini disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Warna ingus yang gelap, menandakan adanya penyakit bronkitis dan jenis infeksi lain di dada.

Ingus berwarna kuning tidak berarti harus pergi ke dokter, itu hanya berarti tubuh kamu sedang melawan suatu virus dan bakteri. Flu yang normal biasanya terjadi dari 10-14 hari, jadi tunggu saja.

Namun, ketika gejalanya tidak sembuh lebih dari waktu tersebut, kamu harus periksa ke dokter. Apalagi jika dibarengi dengan demam atau sakit kepala.

Hijau

Ingus atau lendir yang berwarna hijau bisa menandakan infeksi yang disebabkan bakteri atau jamur. Lendir hijau biasanya diproduksi oleh sel darah putih yang bereaksi terhadap infeksi dan peradangan.

Ketika sel darah putih mati, mereka mengeluarkan pigmen hijau. Pigmen ini bercampur dengan lendir sehingga jadi berwarna hijau. Jika kondisi ini terjadi, mungkin kamu membutuhkan antibiotik, obat yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Merah Atau Merah Muda

Rona merah pada lendir adalah darah yang berasal dari pembuluh darah yang rusak. Hal ini terjadi ketika kamu mungkin bersin terlalu keras atau karena lapisan hidung hidung yang terlalu kering sehingga menyebabkan pembuluh darah dalam rongga hidung pecah.

Hitam

Warna lendir yang gelap menadakan kamu terlalu banyak menghirup polutan atau asap. Jika kamu menghirup abu, debu, kotoran, asap atau zat lain yang sejenisnya, maka ingus akan menjebaknya dengan lendir yang menyebabkan berwarna hitam. Pada kasus yang lebih serius, ingus berwarna hitam menandakan adanya infeksi sinus kronis atau jamur.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format