Jangan Di Buang Dulu! Air Cucian Beras Ternyata Memiliki Manfaat Loh!


0

Setelah mencuci beras, sering kali kita akan langsung membuang air bekas cucian beras tersebut bukan? karena dianggap mengandung kotoran-kotoran yang dibawa oleh beras.

Tetapi pada kenyataannya, air bekas cuci beras ini sangat bermanfaat loh untuk merawat kulit dan menyembuhkan macam-macam penyakit kulit wajah yang membuat kamu terlihat tidak percaya diri untuk tampil di depan umum.

Untuk kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa menggunakan air bilasan beras yang kedua karena sudah berubah warna menjadi lebih keruh. Warna air yang keruh ini menunjukkan bahwa vitamin dan mineral yang ada pada beras sudah meresap ke dalam air. Lalu, apa saja sih manfaat dari air beras ini?

Berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari air cucian beras ini, yuk simak!

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mudah

Jangan lagi takut jika jerawat menyerang kulit kita. karena, manfaat air beras untuk wajah berjerawat sangat signifikan yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan mudah. Bukan hanya jerawat, flek hitam yang muncul karena cahaya matahari  juga bisa pergi sehingga wajah terlihat lebih mulus dan lebih bercahaya.

Memang pengolahan air beras untuk perawatan bekas jerawat ini memakan waktu lama, tetapi hasilnya sudah dibuktikan oleh banyak orang dan tentu tanpa efek samping. Pengolahannya adalah sebagai berikut. Pertama, siapkan air cucian beras yang sudah bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak) secukupnya.

Endapkan air cucian tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang memiliki flek atau bekas jerawat. Lakukan perawatan ini 1 sampai 2 kali seminggu agar noda hitam hilang sesegera mungkin.

Mengontrol Kelebihan Minyak Di Kulit Wajah

Jika jerawat yang bermunculan di wajah kita disebabkan oleh minyak berlebih, jangan lagi bingung karena air beras tetap bisa menjadi jawabannya. Manfaat air beras untuk wajah kulit berjerawat ini juga sama ampuhnya seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunannya sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras setiap pagi.

Cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah dan setelah selesai, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Niscaya minyak di wajah akan berkurang seharian penuh dan wajah lama kelamaan juga akan terlihat jauh lebih cerah. Lakukan hal ini setiap hari setelah kamu memasak nasi.

Dapat Digunakan Sebagai Toner

Air beras juga dapat digunakan sebagai toner setelah kamu membersihkan wajahmu dengan produk pencuci wajah. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air beras dan kemudian mengusapnya ke kulit wajah.

Air beras ini akan membantu untuk memperkecil pori-pori dan mengencangkan kulitmu. Selain itu, air beras juga membantu untuk menumbuhkan sel-sel kulit, menstimulasi aliran darah dan menjaga kulitmu lembut dan bercahaya.

Pemutih Kulit Yang Alami dan Ampuh

Saat kita merasa kulit wajah sudah kurang cerah, jangan langsung beralih ke obat-obatan kimiawi. Sebaiknya gunakan dahulu bahan alami seperti air beras yang ampuh dengan manfaat air beras untuk wajah cantik. Beras memiliki bahan pemutih kulit alami yang sudah digunakan oleh banyak orang, khasiatnya tak kalah dengan susu yang dicampur bersama minyak zaitun.

Kelebihannya tentu saja lebih murah dan tidak memberikan efek samping seperti beberapa body lotion di pasaran yang mungkin kurang cocok dengan kulit kita. Pengolahan air beras ini cukup sederhana, pertama-tama cuci beras dengan air di dalam sebuah wadah.

Selanjutnya saring beras dan cuci kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih. Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam sebuah botol dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya. Keesokan paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub di wajah kemudian bilas wajah menggunakan air beras.

Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat, lakukan treatment ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Rasakan perbedaannya yang signifikan. Bukan hanya lebih cerah, kulit kamu pun akan terasa jauh lebih halus dan lembut. Saat mencuci beras saja kulit tangan kita akan terasa lebih halus sesudahnya, hal yang sama berlaku saat kita mencuci wajah kita dengan air beras. Kulit wajah kamu akan menjadi lebih halus.

Memperbaiki Rambut Rusak

Tidak hanya untuk wajah, air beras terbukti ampuh digunakan untuk memperbaiki kerusakan rambut. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan inositol yang ditemukan dalam air beras dapat menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam. Bahkan kandungan ini membantu melindungi rambut dari kerusakan di masa depan.

Untuk menggunakan air beras, kalian perlu mencucinya hingga bersih dari kotoran dan debu. Kemudian rendam beras yang telah bersih dengan air selama 30 menit. Gunakan air tersebut untuk mencuci rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilah rambut hingga bersih

Menenangkan Kulit Wajah Yang Terbakar Matahari

Bagi kalian yang mengalami kulit terbakar setelah bermain seharian di pantai, air cucian beras bisa jadi solusi yang tepat. Air beras berguna untuk mendinginkan peradangan dan kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungan di dalamnya membantu menyembuhkan kerusakan pada jaringan kulit yang lebih parah


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
2
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format