Doctor Talking with Senior Patient

Ini Dia Tanda Gejala Stroke Ringan Yang Tidak Boleh Di Abaikan


0

Gejala stroke ringan sering diawali secara tiba-tiba dan bervariasi tergantung pada bagian otak yang terpengaruh. Stroke ringan yang mempengaruhi bagian otak yang digunakan secara minimal dalam fungsi sehari-hari menyebabkan gejala yang ringan atau nyata. Sebaliknya stroke ringan yang mempengaruhi bagian otak yang digunakan secara maksimal untuk fungsi sehari-hari menyebabkan gejala yang bisa sangat melemahkan.

Stroke ringan paling sering mempengaruhi bagian otak yang mengontrol gerakan dan perasaan di wajah, lengan, dan kaki. Mereka juga dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk memahami dan menghasilkan ujaran. Berikut ini adalah daftar gejala yang paling umum dari stroke ringan:

Mudah Kehilangan Daya Ingat

Biasanya bila sering lupa ingatan banyak orang berpikir ini adalah faktor usia. Hal ini ada benarnya, namun selain itu jika terjadi di usia yang muda atau terlalu dini bisa jadi ini merupakan penanda stroke ringan.

Karena itu sebaiknya waspada jika tiba-tiba susah mengingat sesuatu, sering lupa atau lupa sesaat. Karena hal ini bisa jadi awal dan tanda bahwa anda mulai mengalami gejala awal stroke ringan pada tubuh.

Mengalami perubahan perilaku

Orang yang mendapatkan stroke parah biasanya akan mengalami adanya perubahan pada perilaku. Biasanya mereka akan seperti anak kecil atau tidak seperti biasanya. Penderita stroke juga cenderung mudah marah dengan tiba-tiba, jika keinginannya tidak dikehendaki mereka akan sangat marah. Sehingga untuk yang merawatnya tentu saja harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, karena jika tidak Anda juga bisa mengalami stress.

Tangan Gemetar Atau Tremor

Gejala selanjutnya yaitu jika tangan tiba-tiba mulai sering gemetar atau yang biasa dikenal dengan istilah bahaya tremor. Hal ini bisa saja terjadi akibat kekurangan vitamin B pada tubuh, namun di sisi lain ini juga bisa merupakan tanda-tanda bahwa sedang terjadi gejala awal penyakit stroke ringan yang tidak terduga-duga.

Mengalami gangguan penglihatan

Gejala stroke selanjutnya adalah ada gangguan pada penglihatan seperti penglihatan menjadi ganda, penglihatan yang kabur atau bahkan sampai hilangnya fungsi pada penglihatan.

Pandangan yang terasa kabut biasanya akan sama seperti yang di alami oleh penderita vertigo. Sehingga ada baiknya kamu rutin melakukan check up ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan, apakah gangguan penglihatan tersebut adalah gejala vertigo atau ternyata gejala stroke.

Tangan dan kaki terasa sangat lemas

Saat terserang stroke sangat wajar jika ada salah satu anggota tubuh khusus nya pada tangan dan kaki merasa sangat lemat, mati rasa dan tidak bisa bergerak sama sekali. Bahkan bisa saja ada salah satu anggota tubuh yang mengalami lumpuh kondisinya berkebalikan dengan bagian otak yang terkena stroke.

Untuk mengetahuinya kamu bisa mencoba angkat kedua tangan dengan posisi yang sejajar selama 10 detik. Jika ada salah satu tangan yang sedikit ke bawah, bisa saja itu menjadi indikasi bahwa keadaan otot sudah mulai lemah kemudian akan timbul tanda dan gejala stroke. Bisa juga kamu membuka kedua mata dengan mengangkat kaki secara bergantian, kemudian lihat apa tingginya sejajar atau tidak.

Pusing

Ciri-ciri orang terkena stroke ringan selanjutnya yaitu sering mengalami sakit kepala atau pusing dan kebingungan. Adakalanya berupa migrain yang tidak kunjung sembuh.

Hal ini harus diperhatikan dengan benar apakah penyebab sakit kepala atau pusing tersebut, karena bisa jadi penyebabnya adalah peredaran darah yang tersumbat sehingga menimbulkan nyeri maupun sakit kepala yang menjalar pada pembuluh darah otak.

Sering Berkedut

Jika mata sering berkedut bisa jadi juga merupakan salah satu tanda bahwa terdapat masalah dengan sistem peredaran darah di pusat saraf mata. Oleh sebab itu sangat mungkin jika kedutan merupakan salah satu penanda awal dari gejala stroke ringan terutama yang dapat terjadi atau menyerang seputar wajah.

Sering merasa kesemutan

Stroke yang masih dalam tahap ringan juga akan sering merasakan kesemutan sementara terutama pada bagian pergelangan tangan atau pergelangan kaki nya yang akan mengakibatkan penderita tidak bisa menggenggam sesuatu atau tidak dapat berjalan untuk sementara waktu.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format