Beberapa Penyakit yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

Menjaga kondisi dan kesehatan tubuh di peralihan musim ini sangat penting agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang biasanya menyerang pada peralihan musim tersebut.


2
2 shares, 2 points

Bulan November ini Indonesia sudah memasuki musim hujan, dan beberapa wilayah di Indonesia bahkan sudah diguyur hujan hampir setiap hari.

Seperti yang kita tahu, adanya peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya sering menimbulkan berbagai penyakit.

Selain itu, jika tidak pandai untuk menjaga kondisi tubuh, penyakit akan mudah untuk menyerang tubuh dan membuat badan menjadi drop hingga sakit.

Menjaga kondisi dan kesehatan tubuh di peralihan musim ini sangat penting agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang biasanya menyerang pada peralihan musim tersebut.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasanya menyerang di musim hujan.

Flu

Woman with the flu

Salah satu penyakit yang menjadi langganan manusia di musim hujan adalah flu. Ketika musim hujan tiba, biasanya akan ada banyak orang yang lebih mudah terserang flu.

Flu ini penyebabnya bermacam-macam, mulai dari virus influenza tipe A, B, atau C. Flu memang penyakit yang umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja kita tidak boleh menganggap remeh penyakit ini. Sebab, beberapa orang dapat menderita komplikasi dari penyakit influenza seperti pneumonia.

Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan

Selain flu, radang tenggorokan juga sering terjadi di saat cuaca dingin. Beberapa gejala radang tenggorokan yang umum adalah Sakit tenggorokan demam, sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot, ruam kulit serta membengkaknya kelenjar getah bening di leher.

Penyebab sakit tenggorokan biasanya adalah virus dan bakteri. Virus dan bakteri yang menyebabkan pilek dan influenza sebagian besar juga akan mempengaruhi sakit tenggorokan. Kondisi tubuh yang kurang fit di musim hujan bisa membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit, salah satunya radang tenggorokan ini.

Tipes

Tipes

Tipes juga harus diwaspadai di musim hujan ini. Sebab, penyakit ini juga sering dialami oleh orang saat musim hujan.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke saluran cerna melalui mulut, esophagus, lambung, usus kecil, dan usus besar. Demam tinggi adalah salah satu gejala tipes, selain itu gejala lain antara lain seperti ruam atau bintik-bintik merah pada kulit, sakit kepala, sakit perut, muntah, serta nyeri pada tulang dan otot.

Jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya dilakukan pemeriksaan secepatnya ke klinik atau dokter terdekat.

Asma

Asthma

Cuaca dingin adalah pemicu utama simtom asma, seperti mengi dan napas pendek. Orang-orang dengan asma harus ekstra hati-hati saat cuaca dingin. Usahakan tetap berada di dalam ruangan ketika saat cuaca sedang sangat dingin dan berangin. Jika keluar, gunakan syal, tutupi hidung dan mulut.

Itulah beberapa penyakit yang perlu diwaspadai ketika musim hujan tiba. Dengan istirahat yang cukup serta makan makanan sehat dan teratur, hal itu bisa tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit meski di musim hujan seperti sekarang ini.


Like it? Share with your friends!

2
2 shares, 2 points

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format