5 Cara Ini Ampuh Dan Mudah Untuk Mengatasi Bau Mulut!


0

Bau mulut merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi setiap orang, bau mulut sering kali tidak hanya membuat kamu tidak nyaman. Orang yang ada di sekitar kamu mungkin akan mengobrol sambil menjaga jarak. Alhasil, rasa kepercayaan dirimu akan langsung luntur.

Daripada membuat orang mencium bau mulut, biasanya kamu akan memilih diam, tak bersuara. Bau mulut memang menjengkelkan. Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut kita disebabkan oleh kurangnya cairan yang menimbulkan pertumbuhan bakteri tak terkendali.

Nah, Bakteri yang dibiarkan terus menerus akan mengolah sisa makanan menjadi plak. Timbunan makanan bercampur dengan bakteri inilah yang menyebabkan gigi berlubang dan nafas tak sedap.

Daripada kamu menutup mulut karena takut bau tidak sedap tercium, lebih baik cari cara untuk mengusirnya. Berikut ini cara ampuh dan mudah untuk mengatasi bau mulut.

Makan Buah

Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga berperan aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Contohnya buah apel dengan kandungan polifenol yang ampuh untuk membasmi bakteri sekaligus membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti belerang pada mulut.

Buah-buahan jenis lain yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur dipercaya menghasilkan asam pada mulut guna mencegah bakteri berkembang biak.

Pada dasarnya, semua buah yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi ini adalah salah satu cara praktis untuk menghilangkan bau mulut. Mengapa? Begini, saat kamu mengunyah buah-buahan maka mulut akan memproduksi lebih banyak air liur, yang secara perlahan akan mengatasi bau mulut.

Makan Yogurt

Yogurt dapat memperlancar kerja sistem pencernaan. Tidak hanya itu, bagi kamu yang sering mengalami masalah dengan bau mulut, yogurt bisa menjadi salah satu pilihan camilan atau minuman terbaik.

Pasalnya, yogurt memiliki kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri, yang mengakibatkan adanya bau khas dari mulut kamu.

Akan tetapi, pilih yogurt plain tanpa rasa, ya, Jangan pilih yang rasa buah-buahan atau cokelat karena kandungan gulanya bisa jadi berlebihan.

Gunakan Obat Kumur

Menggunakan mouthwash bisa menjadi pertolongan pertama untuk membersihkan area mulut jika tidak memiliki sikat gigi. Selain ampuh untuk menyegarkan aroma napas berkat rasa mint yang terkandung di dalamnya, obat kumur juga bisa memberi perlindungan ekstra dalam menyingkirkan bakteri.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pastikan Anda menggunakan obat kumur yang mengandung zat aktif guna membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga bisa mengurangi aroma napas yang tidak sedap.

Menggunakan Daun Sirih

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini sangatlah mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih. Rendam dengan air hangat. Air hasil rendaman dan perasan daun sirih ini kemudian kita gunakan untuk berkumur. Lakukan rutin setiap hari.

Adanya bau mulut yang terlalu ekstrim bisa saja menjadi pertanda jika kamu memiliki masalah dengan organ dalam seperti banyaknya racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Maka dari itu kamu bisa rutin mengkonsumsi jeruk hangat untuk mendetoksifikasi tubuh kamu dari zat berbahaya.

Makan Permen Karet Rasa Mint

Menurut drg. Tripti Meysman, pendiri klinik gigi bernama CityTooth di Minneapolis, Amerika Serikat, makan permen karet bisa menjadi salah satu solusi cerdas untuk mengatasi bau mulut saat kamu tidak bawa sikat gigi.

Sebaiknya, pilih permen karet rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Sebab, bakteri di dalam mulut bisa memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis, sehingga kemudian menghasilkan asam dalam mulut. Kondisi asam pada mulut bisa merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma napas tidak sedap.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format