Hati-Hati! Ini 5 Tanda Awal Kolesterol Tinggi Pada Tubuh Kamu


0

Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Terlalu sering memakan makanan yang tidak sehat (banyak mengandung lemak jenuh) bisa menyebabkan kolesterol pada tubuh kamu naik secara tiba-tiba.

Jarang berolahraga dan obesitas juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi, bahkan tingginya kolesterol ternyata bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Namun, apakah kamu tahu, sebenarnya apa saja sih tanda-tanda kolesterol dalam tubuh kita sedang tinggi? Berikut ini adalah 5 tanda awal kolesterol tinggi yang harus kamu ketahui.

Sering Kesemutan

Apakah tangan kamu sering terasa kebas atau kesemutan? Jika iya, kamu patut curiga adanya kolesterol tinggi di dalam tubuh. Ini karena penelitian menyebutkan bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.

Meski demikian, kolesterol tinggi bukanlah satu-satunya penyebab tangan kebas atau kesemutan. Banyak kondisi medis lain yang juga dapat menyebabkan keluhan tersebut, seperti rematik, infeksi tulang belakang, diabetes mellitus, dan lain-lain.

Nyeri Dada

Ketika kadar kolesterol tinggi, hal ini bisa menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri. Kondisi ini sering membuat alirah darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Nyeri pada dada sering berhubungan dengan kondisi ini.

Namun nyeri dada biasanya sering diabaikan karena dianggap sebagai rasa kelelahan. Nyeri bisa memicu aliran darah yang tidak lancar dan bisa menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.

Tubuh Sangat Lelah

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kadar oksigen yang sangat rendah.

Berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras sementara jantung dan pembuluh darah juga bermasalah. Bagi penderita diabetes maka kondisi bisa sangat mengkhawatirkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dan insulin yang sangat rendah

Mual Dan Muntah

Kadar kolesterol yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan saluran pencernaan mengalami gangguan. Rasa mual dan muntah paling sering terjadi karena tubuh tidak bisa menerima makanan dengan baik.

Gejala akan lebih buruk jika muncul gejala lain seperti sakit kepala dan nafsu makan yang menurun. Level ini sering menyebabkan penderita kehilangan kesadaran atau pingsan. Untuk menghindari resiko yang lebih buruk maka penderita harus mendapatkan perawatan yang tepat.

Sulit Bernafas

Ciri-ciri kolesterol tinggi juga bisa ditandai dengan sulitnya bernapas. Ini terjadi akibat penumpukan kolesterol yang terlanjur menjadi-jadi pada dinding pembuluh darah paru. Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik ke paru, sehingga tubuh mengalami kekurangan oksigen.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format