Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Buah Bit Bagi Kesehatan

2 min


0

Buah bit  merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan, bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Selain itu, buah ini juga dikenal mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, karena mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat, seperti karbohidrat, serat, vitamin C, magnesium, serta folat. Meskipun mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun bit memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, sehingga baik untuk yang sedang menjalani program diet. Bit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek peradangan.

Selain itu masih ada lagi beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika rutin mengkonsumsi buah berwarna merah ini. Berikut beberapa manfaatnya :

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi, kandungan nitrat ini akan menghasilkan gas yang disebut nitric oxide yang membantu memperlebar pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Tak cukup sampai di situ saja, gas nitric oxide ini dapat membuat tekanan darah lebih stabil. Hal ini tentu akan berdampak pada meningkatnya kesehatan jantung sehingga, resiko gangguan kesehatan yang serius dapat dihindari.

Memelihara Kesehatan Saluran Pencernaan

Buah bit yang mengandung serat dan antioksidan terlihat memiliki efek baik bagi saluran pencernaan. Kandungan nutrisi ini membuat buah bit dapat membantu kelancaran proses pencernaan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah bit adalah juga untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena proses peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Dapat Mencegah Hipertensi

Salah satu manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh yang secara nyata sudah terbukti yakni minum jus dari umbi bit ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan nitrat dalam buah bit sama seperti yang terdapat pada sayur berdaun hijau, yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School, menyarankan untuk menurunkan hipertensi kamu bisa melakukannya lewat cara murah yakni dengan mengkonsumsi jus yang terbuat dari buah bit.

Membantu Proses Detoksifikasi

Rajin mengkonsumsi buah bit dapat melancarkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Karena buah bit mempunyai khasiat menyerap racun yang ada pada sistem pencernaan seseorang.
Buah bit juga dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga stamina dan kekebalan tubuh lebih terjaga.

Mencegah Anemia

Buah bit yang identik berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga buah bit ini juga sering dipakai untuk mengatasi masalah anemia.

Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besi yang cukup tinggi yang terkandung dalam buat bit, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Dengan kondisi tersebut, maka buah bit sangat baik dikonsumsi orang yang pengidap anemia.

Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Bayi

Tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, buah bit yang mengandung folat didalamnya terbukti dapat mendukung perkembangan otak dan membuat bayi menjadi lebih pintar.

Oleh karena itu, sangat disarankan mengkonsumsi buah bit bagi ibu hamil agar janin dalam kandungan mendapat asupan folat yang cukup.

Menghalau Radikal Bebas

Pigmen merah pada buah bit bernama Betanin tak hanya menghasilkan warna merah yang mencolok, namun juga mengandung antioksidan yang tinggi. Tak hanya Betanin, buah bit juga kaya akan Polifenol yang efektif menghalau radikal bebas.

Baik betanin dan polifenol berkhasiat untuk melenyapkan kolesterol jahat dan melindungi tubuh dari risiko terkena gangguan jantung dan stroke.

Merawat Kesehatan Rambut

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata buah bit juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe yang dapat merusak kecantikan rambut serta membuat rambut lebih sehat.

Caranya mudah, cukup rebus buah bit hingga pigmen warna pada umbi keluar. Kemudian, pakai air rebusan untuk membilas rambut yang berketombe. Dijamin rasa gatal karena ketombe akan langsung menghilang.

 

Manfaat buah bit ini memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Meski buah bit memiliki segudang khasiat, bukan berartik kamu bisa mengonsumsi bit dalam jumlah besar. Terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal, karena itu jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format