Ada Noda Hitam Di Wajah Kamu? Tenang, Bahan Alami Ini Ampuh Untuk Menghilangkan Noda Hitam


1
5 shares, 1 point

Noda hitam atau bintik gelap atau dark spot merupakan kulit yang berubah warna karena suatu hal, biasanya hanya beberapa bagian kulit saja yang berubah warna, dan itu bisa terjadi di mana saja, yaitu di lengan, punggung, bahu atau bahkan wajah kamu, tentu ini akan sangat mengganggu kamu bukan?.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya noda hitam. Selain karena jerawat atau bekas luka, noda hitam juga bisa muncul karena hal lain seperti hormon tidak seimbang, penuaan, menopause, kehamilan, stres, obat-obatan, make up, kekurangan vitamin dan lain sebagainya. Namun apapun penyebabnya, masalah noda hitam harus segera diatasi karena dapat merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada bahan-bahan alami yang mudah dan murah meriah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah noda hitam ini, serta bisa juga membuat kulit kamu menjadi cerah alami, berikut caranya.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Semua orang pasti sudah tahu khasiat Aloe Vera atau lidah buaya untuk kulit, mulai dari menyembuhkan luka hingga menghilangkan bekasnya. Lidah buaya mengandung 90% asam amino; vitamin A, B, C dan E; serta beta karoten. Semua kandungan lidah buaya sangat bergizi untuk kulit kita.

Jika kamu mendapatkan noda hitam karena sinar matahari pas sekali jika melakukan treatment dengan lidah buaya ini, karena tumbuhan ini dapat menyembuhkan kulit yang terbakar juga.

Cara menghilangkan noda hitam menggunakan lidah buaya sangat mudah. kamu bisa langsung menggosokkan gel lidah buaya pada noda hitam di kulit kamu. kamu bisa juga membuat masker lidah buaya dengan menambahkan sari lemon, gula, dan lain-lain.

Jeruk Lemon (Jeruk Sitrus)

Pada jeruk lemon mengandung asam sitrat. Asam sitrat berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati serta membantu menumbuhkan sel-sel kulit yang baru selain itu fungsi lainnya adalah membantu mencerahkan kulit wajah.

Namun ada sedikit efek samping yang timbul, tapi tidak separah yang ditimbulkan dengan menggunakan zat kimia. Biasanya efek samping yang akan dirasa oleh penggunanya adalah kemerahan pada kulit yang bersifat sementara dan kulit wajah merasa terbakar. Hal tersebut wajar, karena lemon memiliki sifat asam yang jika terkena kulit yang luka atau bermasalah akan mengakibatkan hal tersebut.

Cara menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan noda hitam pada wajah adalah pertama-tama peras buah lemon menggunakan saringan dan taruh pada wadah seperti mangkuk. Setelah itu ambil kapas bola dan tuangkan perasan lemon pada kapas tersebut.

Lalu oleskan ke wajah, jika sudah merata diamkan hingga mengering selanjutnya bilas dengan air bersih. Untuk sementara waktu jangan biarkan wajah terkena sinar matahari dahulu, karena akan membuat kulit wajah menjadi sensitif.

Kunyit

Sejak dahulu kala, kunyit sudah dipercaya orang Indonesia sebagai perawatan kecantikan alami. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat berfungsi untuk menghambat pigmentasi kulit, sehingga dapat mengurangi bintik hitam dan kulit kering. Kamu bisa langsung menggunakan potongan kunyit ke area yang ada dark spot-nya, tapi lebih baik lagi jika kamu menjadikannya masker terlebih dahulu.

Kamu bisa menggunakan kunyit utuh atau pun kunyit bubuk (tersedia di pasar dan swalayan). Setelah itu, beri jus lemon, susu, dan madu, lalu aduk rata. Kamu juga bisa mengaplikasikan masker ini menggunakan kapas atau pun kuas. Jangan pakai tangan, nanti jari-jari kamu akan berwarna kuning! Warna kuning bekas kunyit agak sulit dihilangkan dari tangan, tapi mudah jika di wajah.

Kulit Buah Semangka

Buah selanjutnya yang mampu menghilangkan noda hitam dengan cepat adalah semangka, untuk buah semangka yang kita butuhkan hanyalah kulitnya saja, kulit buah semangka dipercaya cara paling cepat untuk mengatasi flek hitam pada wajah.

Itu karena, di dalam kulit semangka kaya akan serat dan mengandung vitamin A, B dan C. Cara menggunakannya adalah iris buah semangka dan ambil kulitnya saja, setelah itu usapkan bagian dalam kulit secara perlahan ke wajah yang ada noda hitamnya, setelah itu diamkan sekitar 15 menit lalu bilas.

Kentang

Kentang merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Serikat yang pada saat ini menjadi salah satu makan pokok bagi di Eropa. Pada kentang banyak mengandung minyak lemak esensial, kaya vitamin dan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan seng. Selain itu, pada kentang juga mengandung vitamin C, dan B kompleks. Kentang dapat merangsang kolagen dan elastin sintesis.

Untuk menghilangkan noda hitam dengan kentang, gunakan 2-3 buah kentang lalu parut kentang, tambahkan sedikit air, peras parutan kentang dengan penyaring yang bersih. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis serta 1 sendok madu kedalamnya. Lalu oleskan pada bagian yang terdapat noda hitam pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim pepain yang menghambat pigmen dan melamin yang menjadi penyebab kulit hitam atau gelap. Menggunakan pepaya sebagai masker wajah dapat mengatasi masalah noda hitam serta dapat membuat kulit menjadi cerah alami.

Caranya yaitu haluskan buah pepaya, oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Perawatan yang rutin dan teratur akan memberikan hasil yang maksimal.


Like it? Share with your friends!

1
5 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
1
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format