5 Phobia Paling Aneh Dan Unik Yang Dialami Oleh Manusia

1 min


Phobia merupakan rasa takut yang ekstrim atau keengganan terhadap sesuatu. Setiap orang memiliki kecenderungan phobia namun berbeda-beda, ada phobia yang dianggap normal, ditoleransi, dan mudah untuk diatasi, tetapi ada beberapa orang yang memiliki phobia tidak biasa, bahkan dianggap aneh dan langka.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut,tentang apa saja phobia yang dianggap aneh,  berikut ini 5 jenis phobia paling aneh yang dialami manusia!

Somniphobia

Ternyata ada beberapa orang di dunia ini yang susah tidur karena takut sesuatu akan terjadi jika mereka tidur, Ini adalah penyakit somniphobia yang membuat seseorang akan ketakutan untuk tidur atau tertidur, penderita somniphobia bisa mengalami mimpi buruk dan menjadi tak terkendali karena perasaan takut yang sangat berlebihan.

Venustraphobia

Pengalaman tidak menyenangkan tentang wanita cantik di masa lalu bisa menjadi salah satu penyebab phobia ini. Venustraphobia atau Caligynephobia merupakan ketakutan yang dialami oleh pria saat berada dekat wanita cantik. Seorang pria yang menderita Venustraphobia akan mengeluarkan keringat, jantung berdegub lebih kencang dan gemetar saat berada di dekat wanita cantik.

Amychophobia

Amychophobia juga termasuk jenis phobia yang sangat aneh. Bagaimana tidak, seorang penderita Amychophobia akan mengalami perasaan takut yang luar biasa ketika melihat atau menyentuh goresan. Phobia jenis ini juga merupakan salah satu phobia yang sangat merepotkan penderitanya, karena dalam kasus lain penderita phobia ini juga akan merasa takut jika bagian tubuhnya tergores. Seperti tergores oleh kuku sendiri dan sebagainya.

Heliophobia

Heliophobia adalah takut berlebihan atau ketakutan tidak rasional pada sinar matahari. Salah satu penyebabnya adalah informasi dan persepsi yang disalahartikan. Untuk contoh, orang yang percaya bahwa over exposure sinar matahari akan menyebabkan kanker kulit bisa menjadi penderita heliophobic. Selain itu, orang yang sebelumnya pernah bermasalah dengan kulit yang terbakar matahari juga dapat mengembangkan phobia heliophobia.

Pentheraphobia

Phobia yang satu ini banyak dialami pasangan menikah. Apakah kalian yang sudah menikah sering merasa takut saat berada di dekat mertua? Bisa jadi itu salah satu gejala Pentheraphobia, atau ketakutan yang berlebih saat anda berada di dekat mertua. Terdengar agak konyol memang, tapi seorang yang menderita penteraphobia akan merasa sangat cemas, takut bahkan sampai merasa mual ketika dekat dengan mertua sendiri. Ketakutan tersebut muncul karena mereka takut berbuat salah atau bertingkah memalukan di depan mertuanya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to a friend