5 Kebiasaan Yang Kita Anggap Sepele Ini Ternyata Dianggap Tidak Sopan Di Jepang Loh!


0
2 shares

Meskipun Indonesia dan Jepang memang masih sama-sama berada di lingkup Asia, namun, budaya keduanya cukup kontras. Perbedaan budaya inilah yang menjadi salah satu kendala yang biasa dihadapi saat pertama kali datang ke Jepang.

Hal yang biasa dan dianggap lumrah ketika kita lakukan di Indonesia belum tentu dianggap sopan di Jepang. Berikut ini adalah kebiasaan yang ternyata dianggap tidak sopan jika dilakukan di Jepang.

Menelepon Di Transportasi Umum

Ketika berpergian menggunakan transportasi umum seperti kereta atau subway, banyak orang yang sibuk menggunakan ponsel mereka secara diam-diam. Hanya sebatas untuk mengirim teks, mendengarkan musik, menonton video, atau membaca buku online.

Kamu bakal sangat jarang melihat ada orang Jepang ngobrol di telepon saat berada di tempat umum atau dalam kendaraan. Hal tersebut dianggap bisa menganggu ketenangan orang lain.

Memberikan Tip Kepada Pelayan

Jika di Indonesia sepertinya sudah menjadi sesuatu hal yang tergolong biasa, mungkin orang Indonesia memang baik dan ramah seperti para turis mancanegara rasakan jika datang ke Indonesia, tapi beda halnya di Jepang, jika kalian pergi ke Jepang, ingat selalu tentang hal ini, bahwa jangan pernah memberikan tip kepada mereka, entah itu pelayanan restoran atau hotel, karena di anggap sebagai penghinaan.

Jika kamu ingin sengaja meninggalkan uang untuk tip, mereka akan berusaha mengejarmu dan dipikirnya kamu telah lupa mengambil kembaliannya.

Nah satu lagi yang kerap kali kita lakukan, seperti ketika naik transportasi online atau taksi, pasti terkadang kita akan memberikan bayaran lebih untuk service yang baik dan ramah, beda halnya dengan di Jepang, bayarlah sesuai ongkos taksi yang sudah tertera di meteran, jangan memberikan bayaran lebih.

Buang Ingus Di Depan Umum

Kamu bakal dianggap sangat tidak sopan kalau ketahuan buang ingus di tempat umum, meski suasananya sedang tak begitu ramai. Coba cari toilet terdekat atau menepi ke tempat yang tidak ada orang. Biasanya orang Jepang memakai masker saat flu karena tak ingin tertular virus, terutama saat musim dingin

Menunjuk Dengan Jari

Jika kamu menunjukan sesuatu kepada orang Jepang, menggunakan jari tangan itu dianggap sebagai gesture yang sangat kasar, mereka cenderung menyentuh hidung dengan telunjuk, untuk menunjukan diri dibanding menunjukan bagian lain, ketika anda sedang dalam perbincangan di saat makan bersama, hindari menunjukan sesuatu dengan jari kamu yah, apa lagi menggunakan sumpit.

Memenuhi Semua Sisi Eskalator

Memenuhi semua sisi eskalator adalah wajar bagi kita saat menggunakan eskalator berdiri di segala sisi sembari mengobrol. Sementara di Jepang, hal itu adalah tindakan yang sama sekali tak sopan.

Orang Jepang biasanya membiarkan satu sisi eskalator kosong dan diperuntukkan bagi mereka yang terburu-buru. Saat naik eskalator, silakan tinggalkan sisi kanan yang tersedia untuk orang-orang itu. Jika tidak, maka bersiap untuk menerima cibiran dari pengguna lain.


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format