Opu Daeng Risadju
Foto: Zetizen

5 Pahlawan Wanita Indonesia yang Jarang Dikenal

R. A Kartini, Cut Nyak Dien? Dari sekian banyak pahlawan wanita Indonesia, mungkin kedua nama pahlawan tersebut yang sering didengar oleh banyak orang.3 min


3
2 shares, 3 points

Sebutkan 5 pahlawan wanita Indonesia yang kamu ketahui, R. A Kartini, Cut Nyak Dien? Dari sekian banyak pahlawan wanita Indonesia, mungkin kedua nama pahlawan tersebut yang sering didengar oleh banyak orang.

Padahal, ada banyak nama pahlawan wanita lain yang juga memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah pada masa perjuangan dulu lho.

Nama-nama ini mungkin kurang dikenal di masyarakat, nah kali ini makintau.com sudah merangkum 5 nama pahlawan wanita Indonesia yang jarang dikenal, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hajjah Rangkayo Rasuna Said

Rasuna Said
Gambar: Tribun Kaltim

Pernah melewati Jl. HR Rasuna Said, Jakarta? nama jalan tersebut merupakan nama dari salah satu pahlawan nasional yang satu ini, Hajjah Rangkayo Rasuna Said.

Mungkin ada yang mengenal sosok pahlawan wanita yang satu ini, namun sayangnya banyak yang tidak tahu  seperti apa perjuangan Rasuna Said pada masanya.

Rasuna Said adalah sosok pahlawan yang memperjuangkan kaum perempuan, sama seperti R. A Kartini. Pidatonya yang keras dan tajam ketika memprotes ketidakadilan Pemerintah Hindia Belanda pernah membuatnya ditangkap dan dipenjara selama 14 bulan oleh Belanda.

Dia juga pernah duduk menjadi anggota DPR-RIS dan Dewan Pertimbangan Agung. Semasa hidupnya, Rangkayo aktif memperjuangkan persamaan hak pria dan wanita. Ia wafat pada 1965 dan dinobatkan sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

2. Maria Walanda Maramis

Maria Walanda Maramis
Foto: Brilio.net

Pahlawan wanita Maria Walanda Maramis ini resmi menjadi pahlawan Nasional pada tahun 1969. Berasal dari Sulawesi Utara, cita-cita Maria adalah memajukan kaum perempuan yang ada di daerahnya. Ia pun mendirikan PIKAT, sebuah organisasi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak. Aktivitasnya memperjuangkan hak-hak kaum wanita membuatnya digelari Pahlawan Wanita Indonesia.

3. Opu Daeng Risadju

Opu Daeng Risadju
Foto: Zetizen

Opu Daeng Risadju merupakan pejuang wanita asal Sulawesi Selatan, ia memiliki nama kecil Famajjah. Opu Daeng Risaju itu sendiri merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu karena ia memang keturunan bangsawan.

Tidak seperti bangsawan pada umumnya, meskipun berasal dari keluarga bangsawan, Opu Daeng Risaju tidak pernah mengecap pendidikan Barat. Pendidikan yang didapat oleh Opu Daeng Risaju lebih ditekankan pada persoalan yang menyangkut ajaran dan nilai-nilai moral baik yang berlandaskan budaya maupun agama.

Opu Daeng Risadju adalah wanita yang memiliki keberanian yang luar biasa dalam melawan penjajah. Saat terjadi konflik dengan tentara NICA di kota Belopa pada 1946, Opu Daeng Risaju memiliki peran besar dalam perjuangan melawan NICA di Belopa.

Opu Daeng Risaju membangkitkan dan memobilisasi para pemuda untuk melakukan perlawanan terhadap tentara NICA. Tindakan ini membuat tentara NICA kewalahan dan mengupayakan berbagai cara untuk menangkap dan menghentikan aksi Opu Daeng Risaju.

Opu Daeng Risaju berhasil ditangkap beberapa bulan kemudian dan mengalami penyiksaan yang menyebabkan beliau menjadi tuli hingga akhir hayatnya.

Opu Daeng Risaju wafat di usianya yang ke 84, tepatnya pada 10 Februari 1964. Pemakamannya dilakukan di perkuburan raja-raja Lokkoe di Palopo tanpa ada upacara kehormatan, sebagaimana yang biasanya dilakukan terhadap sosok pahlawan yang wafat.

4. Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu
Foto: Merah Putih

Ia adalah gadis pemberani asal Maluku. Lahir pada 4 Januari 1800, Martha Christina Tiahahu sudah mengangkat senjata untuk melawan para penjajah ketika usianya baru menginjak 17 tahun.

Ayahnya merupakan teman seperjuangan Thomas Matulessy yang berjuang melawan penjajah Belanda pada 1817. Bersama ayahnya, Martha ikut berperang mengusir penjajah dari tanah kelahirannya Maluku.

Di kalangan para pejuang dan masyarakat sampai di kalangan musuh, ia dikenal sebagai gadis pemberani dan konsekwen terhadap cita-cita perjuangannya. Ia wafat pada 2 Januari 1818, dan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 012/TK/Tahun 1969, tanggal 20 Mei 1969, Martha Christina Tiahahu secara resmi diakui sebagai Pahlawan Nasional.

5. Teungku Fakinah

Teungku Fakinah
Foto: Muhibin.com

Lahir pada tahun 1856, Teungku Fakinah dikenal sebagai sosok pahlawan Aceh yang tangguh dan berani. Selain menjadi sosok tangguh dan berani dalam peperangan melawan penjajah, Teungku Faki juga dikenal sebagai seorang pendidik dan ulama.

Beliau adalah Panglima Perang dalam melawan agresi Belanda, tidak mau tetap dikediamannya, bahkan hilir mudik keseluruh segitiga Aceh Besar untuk menjalankan diplomasi, mendatangi rumah orang-orang besar dan orang-orang kaya untuk meminta zakat dalam rangka membantu peperangan Aceh yang sedang berkecamuk.

Teungku Fakinah menjalankan perannya sebagai panglima perang, ulama dan pendidik Islam dengan baik. Di peperangan, dia menjelma sebagai seorang panglima yang ditakuti dan disegani oleh musuh. Ketika pulang dari perang, dia kembali kepada sosoknya sebagai ulama besar.


Like it? Share with your friends!

3
2 shares, 3 points

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
2
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
1
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Comments

comments

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format