fbpx

Tangan Kamu Sering Kesemutan? Jangan Abaikan, Ini Penyebabnya


3
1 share, 3 points
Kesemutan

Kesemutan merupakan suatu gangguan yang sering dialami oleh siapa saja, gangguan ini biasanya berupa mati rasa di salah satu bagian tubuh, sehingga tubuh yang terkena gangguan tersebut tidak bisa merasakan apapun. Gangguan ini seringnya di alami oleh orang yang kurang berolahraga atau kurang gerak.

Adapun bagian tubuh yang sering merasakan kesemutan biasanya adalah bagian tangan, kesemutan pada tangan bisa terjadi oleh siapa saja. Beberapa orang mengalami kesemutan karena posisi tidur salah sehingga tangan kerap kali terhimpit tubuh. Tapi, ada juga yang mengalami gangguan kesemutan ini berkali-kali sehingga mengganggu aktivitas kesehatannya.

Kesemutan yang sering terjadi pada tangan cukup berbahaya dan kita tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena gangguan ini bisa terjadi karena darah di sekitar tangan tidak bisa berjalan dengan lancar saat terhimpit. Selanjutnya rasa yang tidak nyaman ini juga bisa disebabkan oleh gangguan saraf tangan dan gangguan pembuluh darah tubuh. Berikut beberapa penyebab tangan kamu sering kesemutan, :

Tidak Seimbangnya Asupan Vitamin

Banyak orang yang belum begitu tahu bahwa vitamin B12, vitamin B6, vitamin B1 (thiamin), dan vitamin E sangat baik untuk kesehatan saraf. Saraf kita dapat terus bekerja dengan baik karena vitamin-vitamin tersebut terpenuhi dengan baik di dalam tubuh. Jadi bisa disimpulkan bahwa salah satu saja dari vitamin tersebut kurang, maka gangguan kesehatan pun akan terjadi.

Contohnya adalah kasus seseorang yang menderita anemia pernisiosa di mana ini dikarenakan asupan vitamin B12 yang kurang di dalam tubuh. Anemia tersebut akan mampu berkembang menjadi neuropati perifer yang juga cukup serius. Sedangkan tangan kesemutan dapat disebabkan oleh kelebihan vitamin B6, tidak hanya bagian tangan, kaki juga dapat mengalami kesemutan.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Jenis gangguan saraf ini disebabkan karena terjepitnya saraf sekitar ibu jari, telunjuk, dan jari tengah sehingga tak jarang menyebabkan nyeri pada tangan serta kesemutan yang sulit dihilangkan. Kesemutan yang dirasa biasanya akan lebih banyak terjadi di malam hari ketika kamu tertidur. Sedangkan trauma lebih dikenal sebagai cedera saraf di lengan bawah yang bisa ditandai dengan salah satu tangan mengalami kesemutan.


Like it? Share with your friends!

3
1 share, 3 points

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format