fbpx

Menjadi Pusat Gempa Di Lombok, Ini Dia 5 Misteri Gunung Rinjani


0
gunung rinjani

Selain menyimpan banyak keindahan, Gunung Rinjani ternyata menyimpan berbagai misteri. Percaya atau tidak, banyak mitos yang melekat pada tempat sakral ini. Bahkan banyak juga yang mengaitkan penyebab terjadinya gempa berkekuatan 7,0 skala Richter di Lombok kemarin dengan kisah mistis yang ada di gunung ini.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 Mdpl ini selain memiliki panorama alam yang menawan juga memiliki mitos dan misteri yang cukup terkenal di kalangan pendaki. Cerita misteri yang paling terkenal di Gunung Rinjani tidak lain karena adanya cerita tentang Dewi Anjani. Dewi Anjani ini pula yang menjadi cikal bakal penamaan Gunung Rinjani.

Dewi Anjani konon menjadi penunggu Gunung Rinjani. Selain cerita misteri tentang Dewi Anjani, masih banyak pula cerita misteri di Gunung Rinjani yang menarik untuk kita simak. Penasaran tentang apa saja misteri di Gunung Rinjani ?? berikut 5 misteri Gunung Rinjani,

Misteri Danau Segara Anak

Segara anak merupakan kawah dari Gunung Rinjani, terletak di desa Sembalun Lawang. Nama segara diberikan mengingat warna air yang berada di kawah itu berwarna biru ( Dalam bahasa Jawa segara berarti laut ). Adanya Segara Anak menmbah daya tarik Gunung Rinjani, kecantikan tempat ini bahkan dikenal sampai manca negara.

Bagi masyarakat lokal, terutama Suku Sasak dan Umat Hindu, tempat ini memiliki tempat khusus bagi kearifan lokal mereka. Dua kali dalam setahun umat Hindu melakukan upacara keagamaan di Segara Anak. Segara Anakpun dipercaya sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa. Selain itu, Suku Sasak ( suku asli Lombok ), seringkali melakukan ritual di tempat ini.

Danau yang letaknya 2000 meter diatas permukaan air laut ini juga memiliki mitos. Mitos yang berkembang adalah, bila seseorang melihat danau ini sangat luas maka dia akan panjang umur, sedangkan apabila seorang yang melihatnya berukuran sempit, maka dia tidak memiliki umur yang panjang. Bagaimana menurutmu ???

Misteri Larangan Menapakkan Kaki di Kawasan Tertentu

Gunung Rinjani mempunyai kawasan yang diyakini tidak boleh ada manusia yang memasuki kawasan tersebut, sampai saat ini, tidak ada orang yang berani memasuki kawasan terlarang tersebut, kecuali seorang pendaki gunung yang ingin membuktikan bahwa mitos tersebut salah dan tidak benar.

Pendaki tersebut beranggapan bahwa manusia sebagai makhluk paling mulia boleh memasuki kawasan mana pun yang manusia mau, masuklah dia ke dalam kawasan yang dilarang tersebut dengan membawa alat-alat lengkap, seperti GPS, HT, HP, kompas dan peta.

Namun hingga saat ini, pendaki itu tidak pernah keluar dari kawasan yang dilarang itu, menurut paranormal setempat, pendaki tersebut hidup di dunia jin.

Cerita Dewi Anjani

Berbicara tentang Cerita misteri di Gunung Rinjani, tidak lengkap bila tidak membahas tokoh yang satu ini. Dalam cerita pewayangan, Anjani merupakan tokoh anak sulung dari Resi Gotama di Grastina dan Bidadari Dewi Indradi, Bidadari keturunan dari Bahrata Asmara.

Dewi berparas cantik ini dikisahan tidak direstui untuk menikah dengan kekasih pilihannya. Dia lalu pergi ke sebuah mata air di Gunung Rinjani dan menghilang disana. Dikisahkan di Gunung Rinjani, Dewi Anjani memiliki banyak pengikut. Pengikut Dewi Anjani adalah bangsa Jin yang mempunyai sifat-sifat baik dan seringkali menolong pendaki yang tersesat serta keluar jalur

Misteri Meninggalnya Pendaki Berkewarganegaraan Jepang

Kepopuleran keindahan alam Gunung Rinjani ternyata tidak hanya sebatas di kalangan pendaki Indonesia saja, Gunung Rinjani cukup populer di kalangan pendaki luar negeri.

Cukup banyak warga negara asing yang mendaki Gunung Rinjani tiap tahunnya. Terkait dengan pendaki yang berasal dari luar negeri, salah satu kejadian yang sampai saat ini masih menjadi misteri adalah meninggalnya warga negara kebangsaan Jepang yang tewas di segara anak karena ingin mengambil sepatunya yang jatuh disana. Sampai sekarang jasad pendaki tersebut belumlah ditemukan.

Adanya pemandian air Kalak, sumber mata air mendidih

Di kawasan Gunung Rinjani terdapat sebuah mata air, mata air tersebut bernama mata air kalak atau dalam bahasa setempat bisa diartikan mata air mendidih. Sama seperti beberapa tempat lain, mata air Kalak juga memiliki mitos menarik.

Mata air Aik Kalak dipercaya sebagai tempat pemandian Jayengrana, Jayengrana sendiri adalah salah satu tokoh pewayangan yang cukup populer bagi Suku Sasak. Selain itu berkembang kepercayaan lainnya. Bagi sebagian orang, mata air aiq Kalak dipercaya memiliki daya penyembuhan.

Selain itu, mata air Kalak konon digunakan untuk mengetes suatu pusaka. Suatu pusaka yang memiliki kekuatan agis akan susah rusak atau mungkin tidak akan mengalami kerusakan apabila di dicelupkan ke dalam air Kalak. Berbeda dengan pusaka yang tidak memiliki kekuatan magis, maka pusaka tersebut akan rusak apabila terkena air dari air Kalak


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format