fbpx

Beberapa Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan


1
4 shares, 1 point
manfaat kopi pahit bagi kesehatan

Kopi merupakan minuman yang paling banyak digemari oleh sebagian banyak orang, minuman ini biasanya banyak dinikmati oleh orang pada saat pagi atau di sore hari. Pada saat ini banyak orang yang menikmati kopi bersama dengan susu, latte atau juga gula.

Tetapi ada juga seseorang yang biasa menikmati kopi pahit alias tanpa diberikan gula. Banyak orang yang menggunakan cara ini karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berbicara mengenai manfaat dari minuman ini, tidak lepas karena kandungan yang telah ada di dalam kopi tersebut.

Untuk kandungan yang ada di dalam kopi ini sangatlah banyak sekali dan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja sih, manfaat dari kopi pahit tanpa gula ini? berikut beberapa manfaatnya

Mengurangi Potensi Diabetes

Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh.

Orang yang biasa mengkonsumsi kopi hitam secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.

Sumber Antioksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak mengandung antioksidan dan berbagai sumber nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium ini memang sangat baik untuk tubuh karena bisa mengendalikan kadar gula dalam darah.

Selain itu magnesium dan kromium juga bisa menurunkan potensi kolesterol buruk dalam darah. Konsumsi minuman kopi tanpa gula secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit akut karena kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.

Membantu Diet Agar Berat Badan Ideal

Jika kamu sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan,  kamu bisa mencoba untuk minum kopi hitam tanpa pakai gula. Kenapa disarankan minum kopi hitam?

Karena, kopi tanpa gula mempunyai kalori yang  rendah, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Bahkan minuman ini juga akan mendukung diet yang sedang kamu lakukan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Minuman ini telah mengandung kalium yang sangatlah berfungsi sekali untuk membantu menguatkan otot jantung dan juga menjaga detak jantung  supaya berjalan normal. Banyak jenis makanan yang telah konsumsi telah membentuk efek jantung anda seperti lemak.

Tentunya hal tersebut akan menyumbat pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini, kamu disarankan untuk mengkonsumsi kopi tanpa gula.

Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif Pada Lansia

Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi syaraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktifitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan syaraf.

Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002).

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu hal yang sangatlah berbahaya dan perlu untuk diatasi. Hal ini biasanya telah disebabkan oleh paparan sinar matahari. Biasanya radikal bebas sendiri telah menyerang seseorang yang terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Radikal bebas sendiri sangatlah berbahaya karena juga bisa menimbulkan kanker. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa meminum kopi untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kopi ini sangatlah baik sekali untuk menangkal radikal bebas tersebut.

Membuat Kamu Menjadi Tetap Aktif

Khasiat kopi pahit lainnya bisa membantu kamu dalam menjadikan tubuh supaya tetap aktif dan tidak mudah merasakan ngantuk. Hal ini telah terjadi karena kopi ini bisa membantu meningkatkan kinerja dari otak kamu.

Kafein sendiri merupakan sebuah hal yang telah dipicu karena sistem kerja otak. Tentu hal ini menjadikan and menjadi tidak mudah ngantuk atau lelah.

Mengurangi Resiko Kanker

Minuman kopi yang mengandung kafein ternyata juga bisa melindungi pria dari serangan kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu beberapa jenis kanker lain yang bisa diminimalkan resikonya adalah kanker hati dan kanker payudara.

Minum kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.


Like it? Share with your friends!

1
4 shares, 1 point

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format