Bisnis Rumahan

5 Peluang Usaha Rumahan yang Patut Dicoba

Bisnis rumahan dari skala kecil hingga menengah sudah banyak dijalani oleh para pebisnis mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawan kantoran yang menjadikan usaha rumahan menjadi kerja sampingan.


1
7 shares, 1 point

Peluang usaha rumahan kini mulai naik daun di Indonesia. Bisnis rumahan dari skala kecil hingga menengah sudah banyak dijalani oleh para pebisnis mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan karyawan kantoran yang menjadikan usaha rumahan menjadi kerja sampingan. Semakin nge-trend-nya peluang usaha rumahan ternyata tidak lepas dari adanya teknologi dan internet. Dengan adanya internet, pebisnis bisa dengan mudah melakukan jual beli, mentransfer uang hingga mendapatkan pelanggan melalui promosi lewat website, instant messaging dan media sosial. Tidak hanya itu dengan berbagai aplikasi pinjaman uang online, mendapatkan modal usaha dengan cepat juga semakin mudah.

Namun memang tidak semua bisnis rumahan harus selalu berhubungan dengan internet, lho. karena pada dasarnya bisnis online merupakan salah satu alat untuk mendapatkan uang melalui internet. Bahkan, ada banyak bisnis rumahan yang bahkan pebisnisnya sendiri tidak tahu menahu tentang internet namun tetap saja sukses dalam meraih omset yang lumayan besar setiap bulannya. Bisnis rumahan memiliki keuntungan yang banyak seperti adanya kekuasaan yang bisa Anda miliki sepenuhnya tanpa ada campur tangan orang lain. Sebelumnya, mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenis bisnis rumahan apa saja yang asik untuk digeluti dengan modal kecil:

Usaha Kuliner

Bisnis kuliner

Usaha kuliner adalah peluang usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai kebutuhan primer. Zaman sekarang, urusan kuliner bukan hanya soal menghindari rasa lapar, tapi juga lifestyle dan selera bagi kalangan menengah ke atas.

Salah satu keuntungan bisnis rumahan berbasis kuliner adalah modalnya dapat disesuaikan dengan kantong pemiliknya. Anda bisa menjalankan usaha kuliner dari skala kecil, menengah maupun skala besar yaitu dengan membuka usaha katering, restoran atau bisa juga memproduksi makanan ringan. Bisnis kuliner ini juga cocok bagi anda yang ingin menggeluti peluang usaha sampingan, pas juga sebagai peluang bisnis rumahan dengan modal kecil bagi ibu rumah tangga.

Air Minum Isi Ulang

Usaha galon

Membuka usaha air minum isi ulang adalah peluang yang bagus. Hal ini disebabkan kebutuhan manusia akan air minum bersih merupakan keharusan setiap harinya.

Umumnya masyarakat di Indonesia sekarang memakai galon untuk keperluan minum sehari-hari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuka usaha air minum isi ulang karena pasti akan menguntungkan.

 

Laundry Kiloan

 

Bisnis laundry kiloan ini termasuk bisnis dengan modal kecil. Bisnis ini sangat pas dibuka untuk Anda yang tinggal di daerah perumahan atau perkotaan karena biasanya orang-orang daerah tersebut termasuk sibuk sampai tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka.

Manfaatkanlah mesin cuci di rumah Anda sebagai aset pertama untuk membuka usaha laundry kiloan ini. Jangan lupa untuk mempromosikan usaha Anda melalui instant messaging (Line atau Whatsapp), sosial media (Facebook, Instagram, Twitter), membuat papan nama di depan rumah Anda, menyebarkan pamflet promosi kepada orang terpercaya untuk disebarkan ke publik.

 

Konter Pulsa Dan Paket Internet

 

Dewasa ini, kebutuhan akan akses informasi sudah sangat tinggi, hampir setiap orang sudah memiliki gadget di tangannya untuk mendukung kegiatan setiap harinya. Dengan begitu, tentu mereka membutuhkan pulsa dan paket kuota internet.

Karena ini, Anda bisa memutuskan untuk memulai bisnis ini secara pelan-pelan, dimulai dari menjadi downline pulsa, sekaligus menawarkan paket kuota internet pada teman atau keluarga Anda. Nah, kalau usaha ini sudah berjalan dengan lancar, sudah sepatutnya Anda membuka konter pulsa dan paket kuota internet ini.

 

Jasa Pangkas Rambut

 

Opsi lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuka jasa pangkas rambut jika Anda memiliki keterampilan di bidang tersebut. Namun jika Anda tidak memiliki skill, Anda bisa mempekerjakan satu orang yang terampil untuk menjalani bisnis Anda.

Omset yang cukup besar bisa Anda dapatkan dari bisnis ini jika Anda geluti secara serius. Tidak lupa untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda karena hal ini bisa membuat mereka loyal pada Anda dan tidak ingin ke lain hati. Anda pun tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk membukanya, hanya dengan menyulap ruangan atau halaman rumah Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Inilah Keuntungan Membuka Bisnis Rumahan

Bekerja di rumah sendiri tanpa harus dimaki-maki oleh atasan . Sebagai karyawan di sebuah perusahaan, tentu Anda harus bersabar dalam menerima makian demi makian dari atasan Anda, patuh terhadap apa yang atasan Anda pinta. Memang hal ini sudah menjadi hal yang lumrah dirasakan oleh setiap karyawan biasa karena tidak memiliki wewenang kekuasaan.

Lain halnya jika Anda membuka bisnis rumahan sendiri, pasti Anda tidak perlu lagi mendengar makian dari atasan Anda karena Anda sendiri sudah menjadi bos bagi karyawan Anda. Kebebasan memilih waktu juga menjadi hal yang menyenangkan, dan ketika Anda sudah memiliki bisnis sendiri, Anda bisa memilih waktu kapan saja Anda mulai bekerja, beristirahat, beribadah, mengisi waktu luang dengan keluarga. Hal ini tentu tidak Anda dapatkan ketika masih bekerja dengan orang lain, bukan?.

Ada juga keuntungan lain seperti menambah kedekatan dengan keluarga. Jika Anda masih bekerja dengan orang menjadi seorang karyawan, tentu Anda harus menghabiskan waktu 8 jam di luar rumah tanpa bertemu dengan keluarga, bahkan ada yang sampai lebih malam hari karena lemburan.

Hal ini menyebabkan hubungan Anda dan keluarga menjadi kurang dekat. Berbeda halnya, jika Anda bisnis sendiri, tentu Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak dan suami/istri Anda tanpa adanya halangan pekerjaan. Dan bisnis usaha rumahan tidak bisa dipatok besar atau kecil pengeluaran modalnya. Karena hal ini ditentukan oleh jenis usaha dan skala usaha apa yang ingin Anda geluti.


Like it? Share with your friends!

1
7 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format