July 10, 2018

Kamu Perokok Berat? Ini Dia 5 Cara Efektif Untuk Membersihkan Paru-Paru

Apakah kamu merupakan salah satu dari sekian banyaknya orang diluar sana yang sering menghisap asap rokok? Apakah kamu tahu, jika kebiasaan kamu itu dapat membuat paru paru menjadi kotor serta bisa membahayakan kesehatan tubuh?
Kamu Perokok Berat? Ini Dia 5 Cara Efektif Untuk Membersihkan Paru-Paru

Paru-paru kotor yang disebabkan rokok merupakan paru-paru yang sudah mulai rusak, jika tidak segera dibersihkan, maka penyakit paru-paru akan menghampiri. Sudah banyak diketahui bahwa rokok identik dengan racun. Rokok menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

Merokok juga dapat menyebabkan stres pada saluran pernapasan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Rokok sudah menjadi bagian dari kebiasaan dan gaya hidup. Sehingga sangat susah untuk dikendalikan kecuali kesadaran dari perokok itu sendiri.

Lalu bagaimana mengatasi paru-paru kotor akibat asap rokok? Berikut ada 5 cara efektifnya,


Berolahraga


Berolahraga merupakan cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keluarnya keringat. Tidak harus olahraga berat, akan tetapi olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari (jogging), atau olahraga lainnya seperti tenis, sangat baik untuk membersihkan nikotin dalam tubuh.

Lakukan selama kurang lebih 30 menit dengan frekuensi maksimal lima kali dalam seminggu, jangan berlebihan. Selain itu, dapat juga dilakukan latihan pernapasan.

Perbanyaklah Minum Air Putih Dan Makanan Sehat


Perbanyaklah air putih antara 1,8L hingga 2,3 liter setiap hari. Nikotin bisa dibersihkan lebih cepat dengan konsumsi air putih 2,3 liter/hari. Makanan sehat bisa didapatkan dari konsumsi sayur dan buah-buahan.

Tingkat keasaman dan vitamin yang terkandung didalamnya, seperti jeruk dan apel dapat bekerja membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu kurangilah makanan siap saji (fast food), dan konsumsi makanan yang rendah kalori.

Mengkonsumsi Jahe


Jahe memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu saluran bronkial untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari paru - paru. Manfaat yang umumnya langsung terasa oleh perokok setelah mengonsumsi jahe adalah pernafasan jadi lega.

Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mengunyah sepotong jahe segar untuk membuka saluran pernafasan yang tersumbat.

Mengkonsumsi Bawang Putih


Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China. Hasil riset menyebutkan rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali seminggu dapat menurunkan resiko kanker paru sampai 44%.

Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh.

Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kedelai


Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafas kronis. Tim studi yang dipimpin Fumi Hirayama asal Jepang meneliti 300 pasien sesak nafas dan 340 orang sehat mengenai konsumsi kedelai.

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi produk-produk yang mengandung kedelai ada hubungannya dengan membaiknya fungsi paru-paru dan turunnya risiko terkena sesak nafas. Setelah diteliti, flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok, jelas Hirayama.
Menurut Hirayama, selain baik bagi paru-paru, kedelai juga bisa menurunkan kolesterol serta mengatasi gejala menopause.


Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...