July 9, 2018

Inilah Penyebab Suhu Dingin Yang Melanda Indonesia

Hampir seluruh wilayah di Indonesia, saat ini sedang merasakan suhu dingin, udara yang begitu dingin saat pagi hari membuat banyak masyarakat menjadi penasaran sebenarnya apa yang sedang terjadi, sehingga suhu begitu terasa dingin .Mulai dari Bandung, Dieng, Bondowoso, serta sebagian besar Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Timur. Bahkan, beberapa wilayah juga mengalami hujan salju atau es.
Inilah Penyebab Suhu Dingin Yang Melanda Indonesia

Di media sosial banyak yang telah mengaitkan hal ini terjadi karena aphelion. Sedangkan Aphelion ini adalah fenomena astronomis yang terjadi setahun sekali. Bumi berada pada titik terjauhnya dari matahari.
Sepintas, penyebab ini memng tersebut masuk akal .

Tetapi, menurut Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, peristiwa cuaca dingin yang melanda Indonesia bukan disebabkan oleh fenomena aphelion. Cuaca dingin ini lebih doniman karena tidak adanya awan di atmosfer.

Sutopo menyampaikan keterangan yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca dingin yang sedang melanda Indonesia melalui akun Twitter.

“Menurut BMKG, cuaca dingin saat bukan disebabkan fenomena aphelion. Cuaca dingin saat ini lebih dominan karena tidak adanya awan di atmosfer. Angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia sehingga cuaca menjadi dingin di Indonesia. Jadi bukan Aphelion,” tulis Sutopo.

Seperti diketahui sudah beberapa hari ini cuaca di berbagai daerah di Indonesia begitu dingin. Suhu terdingin ini bahkan ada yang mencapai suhu terendah dan membuat badan menggigil kedinginan.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...