July 6, 2018

Inilah Dampak Negatif Bagi Tubuh, Akibat Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Baru-baru ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi menyatakan jika susu kental manis tidak mengandung susu, Tanpa padatan susu sama sekali, susu kental manis telah berhasil membuat masyarakat salah pengertian, yang justru sering menyajikannya untuk anak, sebagai alternatif dari susu bubuk yang memiliki harga lebih mahal.

Susu alami memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak dengan susu kental manis. Di dalam susu kental manis mengandung bahan-bahan tambahan yang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan terlebih jika dikonsumsi terlalu banyak, susu ini sebenarnya diperuntukkan untuk tambahan adonan pembuat roti, topping beberapa jenis makanan, atau campuran pada jus, es buah, dan lain sebagainya. Hal ini berarti, susu kental manis ini memang bukan diperuntukkan untuk diminum secara rutin.

Selain berbahaya untuk anak-anak, bukan berarti untuk orang dewasa juga tidak memiliki dampak negatif, untuk orang dewasa juga tentunya memiliki dampak yang negatif, jika di konsumsi secara berlebihan.

Bagi yang sudah terlanjur terlalu sering menjadikan susu kental manis sebagai pengganti dari susu bubuk, sebaiknya hentikan mulai dari sekarang. Karena akan berdampak negatif bagi tubuh. Berikut adalah beberapa dampak negatif bagi tubuh akibat terlalu sering mengkonsumsi susu kental manis.

Berpotensi Terkena Obesitas


Bahaya pertama yang dapat di timbulkan dari mengkonsumsi susu kental manis terlalu banyak yaitu dapat memicu timbulnya penyakit obesitas. Kandungan gulanya yang begitu tinggi dapat menjadi penyebab dan memicu penyakit obesitas.

Terlihat dari rasa manis yang begitu terasa dari susu kental manis. Ditambah lagi dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada susu kental manis ini, menjadi salah satu faktor lain yang membuat susu kental manis dapat menjadi penyebab obesitas apabila mengkonsumsinya secara berlebihan.

Resiko Terkena Diabetes


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan yang disebabkan oleh kadar gula yang terlalu tinggi pada tubuh. Salah satu penyebab diabetes yaitu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula terlalu tinggi.

Susu kental manis ini merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Untuk itu usahakan untuk tidak mengkonsumsi susu kental manis terlalu sering atau pun dalam jumlah yang banyak, kandungan gula nya yang begitu tinggi dapat berakibat pada penyakit diabetes.

Bisa Menjadi Pemicu Sesak Napas Pada Anak Balita


Bagi Anak yang masih berusia balita sangat di sarankan untuk tidak mengkonsumsi susu kental manis. Sebab susu ini memiliki kandungan gula dan lemak yang cukup tinggi. Anak balita belum kuat untuk menerima gizi tersebut.

Hal ini akan mengakibatkan adanya lendir pada bagian tenggorokan sehingga anak akan batuk pada malam hari saat tidur. Jika lendir ini tidak di buang, anak bisa saja akan mengalami sesak napas.

Melemahkan Daya Tahan Tubuh


Sebagian besar orang tua memberikan susu kental manis kepada anaknya dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Padahal memberikan susu kental manis kepada anak-anak atau balita merupakan hal yang keliru.

Kandungan gizi yang ada pada susu kental manis justru tidak dapat diolah menjadi nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan yang terdapat pada susu kental manis justru akan menurunkan dan melemahkan daya tahan tubuh si kecil.

Kandungan Kalsium dan Protein Rendah


Salah satu tujuan mengkonsumsi susu kental manis bagi kebanyak orang yaitu untuk memenuhi nutrisi tulang agar semakin kuat. Sayangnya susu kental manis memiliki kandungan gizi yang berbeda dengan susu murni.

Susu kental manis merupakan susu yang sudah diolah dengan tambahan gula yang cukup tinggi, sehingga susu kental manis cenderung memiliki kandungan gizi yang sangat rendah. Mengkonsumsi susu kental manis dengan jumlah yang banyak hanya akan menambah berat badan bukan memperkuat tulang.

Merusak Gigi


Dengan kandungan gula yang tinggi pada susu kaleng atau kental manis, maka akan menyebabkan tingginya kerusakan pada gigi, jika tidak dibarengi dengan sikat gigi secara rutin setiap harinya.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...