July 10, 2018

Cewek Wajib Tahu! Ini Dia Makanan Yang Sebaiknya Di Hindari Saat Menstruasi

Menstruasi merupakan sebuah siklus bulanan dimana lapisan pada dinding rahim yang berisi banyak darah dan cairan akan meluruh lalu keluar dari vagina karena pembuahan tidak terjadi, proses menstruasi dimulai saat rahim mengeluarkan endometrium (selaput lendir rahim). Siklus ini pada umumnya terjadi sekitar 4 minggu terhitung sejak hari pertama menstruasi mulai hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba.
Cewek Wajib Tahu! Ini Dia Makanan Yang Sebaiknya Di Hindari Saat Menstruasi

Ketika sedang berada pada masa -masa menstruasi kesehatan tubuh amatlah penting, karena menstruasi dapat menyebabkan tubuh terasa sakit dan lemas, bahkan bisa membuat seseorang menjadi pingsan. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi saat menstruasi adalah dengan gaya hidup sehat.

Salah satunya membatasi konsumsi makanan tertentu, karena ada banyak jenis makanan yang dilarang pada saat menstruasi, karena dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan atau menimbulkan rasa sakit yang lebih pada bagian tubuh kamu.

Lalu, apa saja makanan yang harus kamu hindari saat sedang menstruasi? Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari :

Makanan dan minuman yang mengandung kafein


Pada saat haid, ada baiknya kamu mengurangi asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh dan lebih baik lagi jika bisa menghentikan konsumsi kafein ini. Bahaya kafein dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah, sehingga dapat menyebabkan terjadinya abnormalitas pada pendarahan saat kamu mengalami menstruasi.

Mie Instan


Jenis makanan selanjutnya yang sebaiknya kamu hindari saat sedang menstruasi adalah mie instan. Mie instan ini memiliki kadar MSG dan tinggi garam sehingga dapat mempengaruhi proses menstruasi. Beberapa masalah yang terjadi akibat konsumsi mie intsan saat menstruasi akan membuat tubuh merasakan nyeri pada bagian perut bawah, merasa mual, sakit kepala, perut kembung hingga gangguan lambung.

Makanan dengan kandungan minyak terlalu banyak


Makan makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak, atau sering kita kenal dengan nama gorengan. Makanan yang satu ini memang sangatlah gurih dan lezat ketika dimakan sebagai camilan. Namun demikian kandungan minyak yang sangat tinggi, dapat menyebabkan meningkatkan jumlah lemak dan kolesterol tinggi di dalam tubuh, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Bahaya mengkonsumsi gorengan akan menyebabkan kolesterol yang menyebabkan kurang lancarnya peredaran darah, yang akan berpengaruh terhadap menstruasi yang alami.

Makanan berkadar gula tinggi


Permen dan soda adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, terutama selama periode menstruasi. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak dan mempengaruhi tingkat emosi. Kamu akan lebih mudah tersinggung dan merasa lesu.

Makanan Cepat Saji


Makanan cepat saji atau sering disebut fast food memang sangat mudah didapatkan karena tidak perlu memasak cukup langsung memakannya saja. Namun, dibalik kemudahannya makanan cepat saji adalah jenis makanan tidak higienis dan menggunakan banyak bumbu serta dimasak terlalu matang sehingga mengurangi manfaat dan kandungan yang ada didalam makanannya. Apalagi jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi akan dapat mengakibatkan rasa nyeri di bagian perut bawah dan pinggang, tubuh terasa lemas, dan mudah merasakan lapar.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...