fbpx

Beberapa Kebiasaan Orang Indonesia Ini, Dianggap Aneh Oleh Turis Asing


0

Indonesia merupakan salah satu negara tujuan wisata karena keindahan alam, kekayaan sejarah maupun keanekaragaman budayanya, serta Indonesia juga memiliki banyak sekali keunikan di mata dunia. Oleh karena itu, hal inilah yang membuat banyak turis asing yang datang ke Indonesia, mereka kagum dan terkesima melihat kebudayaan dan cara hidup kita yang unik.

Namun, dari sekian banyak keunikan ini ternyata ada beberapa kebiasaan tertentu yang kerap dilakukan orang Indonesia dianggap aneh oleh turis asing. Baik itu perilaku keseharian masyarakat, hingga tingkah laku yang dianggap lumrah oleh orang Indonesia.
Berikut ini, beberapa kebiasaan orang Indonesia, yang di anggap aneh oleh turis asing :

Menggunakan tisu toilet sebagai tisu makan

Di beberapa rumah makan, sering kali dijumpai tisu toilet yang ditempatkan ke dalam tempat untuk dijadikan sebagai tisu makan. Entah itu untuk membersihkan tangan, permukaan meja, hingga alat makan.

Sementara itu, di kebanyakan negara tisu toilet digunakan sebagaimana fungsinya, dan hal inilah yang dianggap aneh oleh turis asing, mereka bingung saat mengunjungi rumah makan Indonesia yang menyediakan tisu toilet di meja makan.

Meminum es menggunakan kantong plastik

Hidup di negara tropis, minuman dingin menjadi idaman bagi orang Indonesia, apalagi saat udara sedang panas-panasnya. Ada kebiasaan unik orang Indonesia saat menikmati minuman dingin menggunakan es batu yaitu, minum menggunakan wadah kantong plastik dan sedotan.

Kebiasaan ini tentu sangat aneh dilihat mata para bule. Bagaimana tidak, biasanya mereka minum minuman dengan kemasan cup, botol, dan kaleng.

Memakai jaket pada siang hari

Turi asing khususnya orang Eropa pasti akan keheranan jika melihat kebiasaan orang Indonesia yang satu ini, karena pada saat cuaca sedang panas, orang-orang malah memakai jaket untuk bepergian. Bukanya malah tambah panas, ya?

Mereka malah semakin heran saat orang Indonesia takut kulitnya terkena paparan sinar matahari. Karena, kebanyakan dari mereka malah ingin menghitamkan kulitnya.

Mandi menggunakan gayung

Mandi menggunakan gayung sebenarnya merupakan cara mandi yang cukup efisien, bila dibandingkan dengan mandi dalam bak atau “bathtub”, karena volume air yang digunakan saat mandi dengan gayung lebih kecil, dan sebenarnya membuat kita bergerak lebih banyak karena berdiri sambil terus menerus menggerakkan gayung.

Selain itu, mandi dengan gayung bisa membuat kita mandi dengan lebih cepat, karena biasanya kalau kita menggunakan bak untuk mandi ada godaan untuk bersantai dulu dalam air bahkan sampai ketiduran. Tapi, bagi turis asing hal ini merupakan kebiasaan yang aneh, karena mereka terbiasa mandi menggunakan shower atau bathtub.

Mengobati masuk angin dengan kerokan

Masuk angin, orang asing mungkin menyebutnya dengan flu atau tidak enak badan. Biasanya, mereka menggunakan obat pereda nyeri seperti Parasetamol untuk menyembuhkannya.

Tapi di Indonesia, penyakit masuk angin bisa disembuhkan dengan menggosok bagian permukaan kulit menggunakan minyak dan benda tumpul seperti uang logam atau umumnya disebut dengan kerokan. Cara penyembuhan seperti ini menjadi hal unik tersendiri bagi turis asing.

Angkutan umum yang nyeleneh

Di Indonesia, angkutan umum atau yang lebih dikenal dengan nama angkot, terkenal dengan sopirnya yang suka ‘ngetem’ atau sang sopir menghentikan kendaraannya dalam jangka waktu yang cukup lama dengan harapan akan mendapat penumpang tambahan.

Hal ini di anggap aneh oleh turi asing karena di kebanyakan negara, transportasi publik memiliki sistemnya sendiri. Penggunanya pun memakai fasilitas tersebut dengan tertib.

Jongkok

Jongkok adalah hal yang sangat sulit dilakukan oleh warga negara asing. Bule sangat sulit berjongkok dalam jangka waktu yang lama. Mereka terheran-heran dengan orang Indonesia yang mampu berjongkok dalam waktu yang lama.

Bahkan kebiasaan ini mereka lakukan sambil ngobrol. Ditambah lagi kloset yang digunakan di Indonesia adalah kloset jongkok. Jongkok memang telah menjadi kebiasaan orang Indonesia.

Makan pakai tangan

Dari ujung ke ujung kepulauan Indonesia, hampir semuanya pada awalnya makan menggunakan tangan kosong. Ya, itu sebelum kultur makan menggunakan sendok berlaku disini.

Makan dengan tangan memang memiliki tambahan kenikmatan tersendiri. Hal ini dianggap aneh oleh turis asing yang biasanya sering makan menggunakan pisau, garpu dan sendok.

Makan cabai rawit mentah

Kebanyakan dari kita orang Indonesia suka sekali makan cabai rawit secara langsung, khususnya kalau lagi makan gorengan ataupun lagi makan mie goreng. Di luar negeri cabai biasanya selalu diolah terlebih dahulu sebelum dimakan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

senang senang
0
senang
terhibur terhibur
0
terhibur
terinspirasi terinspirasi
0
terinspirasi
bangga bangga
0
bangga
takut takut
0
takut
terkejut terkejut
0
terkejut
sedih sedih
0
sedih
ngakak ngakak
0
ngakak
marah marah
0
marah

Elder

Pecinta tempe penyet dan klepon. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format