5 Keuntungan Dan Kekurangan Root Android Yang Perlu Kita Ketahui

3 min


0

Perangkat android dapat melakukan proses yang namanya root, tentunya bagi sebagian besar pengguna Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Root. Root pada android merupakan suatu kondisi dimana kita sebagai user dapat mempunyai izin untuk melakukan manipulasi system lebih leluasa daripada user biasa.

5 Keuntungan Dan Kekurangan Root Android Yang Perlu Kita Ketahui

Melakukan root pada ponsel android membuat kamu bisa mengontrol penuh atas ponsel Android kamu mulai dari modifikasi hingga menghapus aplikasi bawaan pabrik yang hanya memenuhi memori telepon. Namun disisi lain ada beberapa kerugian akibat root yang harus kamu perhatikan. Untuk orang awam yang tidak terbiasa dengan root, kamu harus berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan root pada ponsel Android, karena ponsel kamu bisa mengalami beberapa kerugian.

Karena sebelum kamu ingin melakukan root pada ponsel android kamu, sebaiknya kamu harus mengerti kerugian serta keuntungan yang didapat agar kamu tidak menyesal. Berikut adalah 5 keuntungan dan kerugiannya,

KEUNTUNGAN:

1. Meningkatkan Kinerja Android

Dengan melakukan rooting maka beberapa penghambat kecepatan pada ponsel android bisa diatasi, seperti menghapus aplikasi bawaan dan mengoptimalkan kinerja prosessor dengan beberapa bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Speed Up Swap, Set CPU, GL Tools dan lainya.

2. Custom ROM

Bagi yang bosan dengan model User Infecare dari android bawaan ponsel maka kamu bisa merubah tampilannya dengan ROM lainnya yang lebih menarik dan keren. Seperti pada Samsung Galaxy yang ingin memiliki tampilan seperti MIUI maka sebelumnya ponsel tersebut harus di root. Ada banyak ROM android yang menarik dan keren untuk mengubah tampilan hp android kamu seperti MIUI, CyanogenMod, Paranoid ROM dan masih banyak lagi.

3. Dapat Memblokir Iklan

Pada saat kamu sedang memainkan game atau mengedit foto, terkadang muncul iklan tertentu. Hal itu pasti akan sangat mengganggu bukan? Untuk menghilangkan iklan supaya tidak muncul lagi, tentunya kamu membutuhkan aplikasi tertentu seperti AdFree, AdBlock Plus dan AdAway, nah aplikasi semacam itu bisa menghilangkan iklan Android supaya tidak muncul lagi, dan aplikasi tersebut bisa kamu pasang setelah kamu melakukan root.

4. Akses Sistem File

Akses yang tidak terbatas ke sistem file mungkin berguna untuk memulihkan file yang terhapus, memindahkan aplikasi ke kartu SD, atau menggunakan penjelajah akar, yang merupakan aplikasi dengan fungsi file-sistem yang canggih.

5. Menghemat Baterai

Tidak sedikit dari pengguna ponsel android yang merasakan kalau ponsel mereka boros karena memang banyak aplikasi yang berjalan. Beberapa aplikasi terbukti mampu untuk mengemat baterai namun untuk menggunakannya ponsel Android kamu sudah harus di root. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Greenify, Wakelock, BetterBatteryStats dan lain sebagainya.

KEKURANGAN :


1. Resiko Keamanan

Ketika ponsel android sudah di root maka sistem keamanan dari android tidak bekerja dengan maksimal sehingga aplikasi berbahaya yang bisa merusak smartphone atau mencuri data bisa beroperasi dengan bebas. Meskipun beberapa aplikasi antivirus bisa kamu instal untuk mengatasi hal tersebut akan tetapi anda harus tetap berhati-hati.

2. Overheating Pada Ponsel

Rooting memang dapat membuat ponsel kamu bekerja lebih cepat dari biasanya. Namun, kekurangannya jika  kamu membuat ponsel memacu seluruh kemampuan hardwarenya untuk bekerja secara maksimal adalah terjadinya overheating (panas yang berlebih pada ponsel kamu).

3. Ponsel Berperilaku Tidak Normal

Memang melakukan root pada Android dapat meningkatkan kinerja dari Android kamu secara maksimal, tapi itu jika dilakukan secara benar! jika tidak, maka Android kamu akan sering mengalami gangguan, diantaranya: ponsel sering mati dan reboot ulang sendiri, sering ‘hang’ di saat menjalankan aplikasi tertentu, kinerja hardware malah semakin buruk, dan yang paling parah adalah terjadinya bootloop, yaitu sistem Android kamu tidak mau di boot! Jika ponsel kamu tidak mau boot atau mulai berperilaku tidak normal, cara terbaik menanganinya adalah melakukan flashing pada Android kamu.

4. Tidak Mendapatkan Pembaharuan

Bagi beberapa orang pembaharuan sebuah sistem Android tidak penting padahal adanya pembaharuan merupakan jawaban dari beberapa bug yang ada serta meningkat kinerja. Pembaharuan sistem ROM yang tidak di dapatkan tentu akan menjadi kerugian untuk kamu.

5. Kehilangan Garansi

Salah satu kerugian yang ditakutkan adalah kehilangan garansi. Dengan melakukan rooting maka jika suatu saat ponsel kamu mengalami kerusakan hardware, kamu tidak akan mendapatkan garansi. Selain itu di beberapa negara melakukan rooting ponsel android di anggap illegal.

Sebenarnya melakukan rooting pada Android tidak menimbulkan efek negatif yang besar pada ponsel kamu. Asalkan kamu harus berhati-hati, maka root akan memberikan keuntungan yang lebih dari pada kerugiannya. Kerugian paling besar dari rooting mungkin adalah kamu akan kesulitan dalam melakukan recovery pada file-file yang telah dihapus di memori internal ponsel. Dan itupun sangat jarang dilakukan oleh pengguna Android(menyimpan file-file penting di memori internal). Semoga Bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format