July 8, 2018

5 Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Terlah Berhenti" Di Smartphone Android

Pada saat kamu membeli smartphone Android, terkadang ada saja beberapa masalah yang tidak terduga. Entah itu karena OS yang tidak kompatibel dengan aplikasi yang kamu install, atau bisa juga karena hal lainnya.

Memang tidak semua pengguna android mengalami masalah tersebut, tapi ada cukup banyak pengguna android yang mengalami masalah ini. Hal yang menyebabkan masalah tersebut sebenarnya cukup banyak, seperti saja misalnya RAM penuh, file cache menumpuk, OS android yang tidak kompatibel, atau data aplikasi corrupt.

Nah jika smartphone android kamu sedang mengalami masalah diatas, kamu bisa mengatasinya dengan cara seperti ini:


Hapus Cache Aplikasi


Cache menyebabkan RAM cepat penuh karena berisi data-data yang pernah kamu akses, sehingga ketika kamu mengakses data tersebut akan lebih cepat terakses daripada sebelumnya.

Cache harus sering kamu bersihkan agar RAM lebih banyak mempunyai ruang untuk membuka aplikasi yang lain. Cara yang bisa kamu lakukan adalah buka pengaturan -> penyimpanan -> pembersih -> tab bersihkan.

Secara otomatis cache yang menumpuk akan di bersihkan, kamu juga bisa membersihkan per-aplikasi yang ingin anda hapus cachenya. Caranya buka pengaturan -> kelola aplikasi -> tab terunduh(untuk aplikasi yang kamu unduh) -> tab aplikasi yang ingin kamu pilih -> tab hapus cache.

Atau anda juga bisa menggunakan Ccleaner atau clean master yang bisa kamu unduh melalui google play.

Matikan aplikasi yang berjalan di Latar belakang


plikasi akan berjalan normal jika RAM android kita tidak penuh, dan hal terburuk yang akan terjadi jika RAM penuh adalah aplikasi tidak bisa dibuka. Ketika kamu membuka suatu aplikasi, RAM-lah yang memproses agar aplikasi dapat berjalan dengan normal.

Mungkin dari beberapa pengguna android sering kali tidak membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Padahal hal tersebut menyebabkan RAM masih terpakai untuk menjalan aplikasi yang ada di latar belakang. Sehingga tersisa sedikit ruang untuk menjalankan aplikasi yang akan dijalankan selanjutnya.

Cara mematikan atau menutup aplikasi di latar belakang sangatlah mudah kamu tinggal tab list (berada di sebelah tombol home) yang langsung memunculkan aplikasi di latar belakang. Kemudian tinggal anda geser keatas atau tab tombol “x”. Setiap android memiliki cara yang berbeda-beda.

Install ulang aplikasi


Terkadang terjadi data eror dari aplikasi tersebut sehingga aplikasi tidak bisa di buka. Menginstall ulang aplikasi adalah pilihan yang baik. Meskipun memerlukan kuota internet yang lebih tetapi aplikasi yang kamu ingin jalankan akan kembali normal.

Paksa Berhenti Aplikasi


Pada beberapa tipe aplikasi android, aplikasi tersebut terus berjalan dilatar belakang. Untungnya, kamu bisa menghentikan aplikasi tersebut secara paksa.

Menghentikan aplikasi secara paksa artinya aplikasi tersebut tidak akan berjalan lagi sampai kamu menggunakannya kembali. Berikut ini adalah cara memberhentikan aplikasi secara paksa di smartphone android:

Buka Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang kamu inginkan > Paksa berhenti
Setelah itu tunggu beberapa saat. Kemudian buka aplikasi-aplikasi kesayangan kamu seperti biasa.

Lakukan Factory Reset


Jika cara diatas sudah kamu lakukan tapi pesan error “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” masih terjadi juga, maka mau tidak mau kamu harus melakukan cara ini.

Cara ini yaitu factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik, cara ini bisa dikatakan cukup beresiko, kareana kamu secara otomatis akan kehilangan data-data yang ada di smartphone kamu.

Karenanya, pastikan bahwa kamu telah membackup semua data-data penting kamu ya. Mulai dari foto, hingga video bersama mantan.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...