June 30, 2018

Jarang Orang Tahu, Ini Dia Manfaat Dari Buah Kersen

Apa kamu tau apa itu buah kersen? mungkin, bagi sebagian orang buah kersen masih terdengar asing di telinga. Buah kersen atau juga bisa disebut talok, keres, kersem, ataupun baleci sangat mudah untuk kamu temui, karena pohon buah kersen ini tergolong pohon liar yang cepat tumbuh dengan tinggi yang bisa mencapai 5-10 meter. Pohonnya terkenal teduh, daunnya berbulu lengket dengan buah bulat kecil-kecil berwarna merah saat matang. Daging buahnya halus mirip biji kecil-kecil dan memiliki rasa manis.

Meskipun tergolong pohon liar dan buahnya yang kecil, tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata buah kersen ini juga menyimpan banyak manfaat. Kira- kira manfaat apa saja ya, yang terkandung dalam buah kersen ini? mau tau? yuk simak apa saja sih manfaat dari buah kersen,

Meredakan Sakit Asam Urat


Buah kersen memang tidak dapat menyembuhan asam urat, akan tetapi buah kersen dapat membantu meredakan rasa sakit yang timbulkan akibat asam urat. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kersen, sifat anti-inflamasi, dan kemampuan untuk menangkal reseptor rasa sakit dapat membantu meringankan rasa sakit lebih cepat. Untuk para pengidap asam urat, dapat mengkonsumsi 10 buah kersem secara efektif 3 kali dalam sehari.

Antiseptic Alami


Mengkonsumsi buah kersen atau meminum rebusan daun buah kersen dapat berkhasiat dalam membunuh microba yang berbahaya serta dapat digunakan sebagai antiseptic untuk membunuh bakteri berbahaya seperti C. Diptheriea, S. Aureus, P, Vulgaris, S. Epidemidis dan K. Rizhophil.

Tinggi Vitamin C


Buah kersen ini mengandung sejumlah vitamin C yang baik, anti-oksidan yang kuat membantu melawan penyakit flu dan gangguan kardiovaskular. Vitamin C dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit mata, mencegah kulit keriput , dan lain sebagainya.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah kersen secara rutin setiap hari sampai tekanan darah kembali normal, karena buah kersen mengandung kalium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah tinggi. Selain itu, dengan kembali normalnya tekanan darah maka dapat menurunkan resiko terkena stroke akibat tekanan darah yang terlalu tinggi.

Mengatasi Jerawat


Buah kersen juga dapat bermanfaat mencegah dan menghilangkan jerawat, caranya yaitu dengan cara mengoleskan buah kersen yang telah dihaluskan pada kulit wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur setiap malam, maka dalam beberapa kali perawatan jerawat akan hilang.

Antioksidan


Kandungan lain dari buah kersen adalah senyawa antioksidan yang tinggi. Hal ini akan membuat pertahanan tubuh kamu menjadi lebih kuat sehingga mampu menangkal radikal bebas dan kamu juga akan terhindar dari kemungkinan terkena kanker.

Anti-inflamasi


Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun kersen juga punya khasiat kesehatan. Di antaranya anti-inflamasi atau peradangan. Ya, radang apa saja. Dengan minum seduhan daun kersen (seperti seduhan teh), kamu bisa terhindar dari sakit radang.

Menjaga Kesehatan Mata


Buah kersen juga ternyata dapat meningkatkan kesehatan mata loh, hal ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat dalam buah kersen sehingga daya penglihatan akan tetap terjaga.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...