5 Mitos Yang Terdapat Pada Danau Toba, Sumatera Utara

3 min


0
10 shares

Danau Toba merupakan sebuah perairan yang berlokasi di Sumatera Utara, danau ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Menurut sejumlah ilmuwan, danau air tawar terbesar di Asia Tenggara ini terbentuk karena erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi pada 74.000 tahun lalu. Menurut para ilmuwan NASA, letusan tersebut telah membinasakan sekitar 60% makhluk hidup di Bumi.

Danau Toba telah dikenal oleh wisatawan hingga mancanegara karena keindahan alamnya, apalagi di tengah Danau Toba juga terdapat pulau vulkanik yaitu Pulau Samosir. Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Ada juga pulau lain yang ada di tengah Danau Toba, yaitu pulau Sibandang, Pulau Tao, Pulau Tolping, dan Pulau Tulas.

Namun, selain keindahan alamnya ternyata Danau Toba juga memiliki mitos-mitos yang mengerikan, berikut adalah 5 mitos mengerikan yang terdapat pada Danau Toba :

Terjadinya Danau

Seperti yang kita tahu bahwa cerita rakyat paling terkenal adalah mengenai terbentuknya Danau Toba yaitu akibat murka seorang perempuan kepada suaminya yang melanggar sumpah. Perempuan tersebut sebelumnyaadalah ikan yang bersedia dinikahi oleh seorang pemuda dengan syarat sang pemuda bisa menyembunyikan dan tidak menyinggung asal-usul si perempuan tersebut.

Setelah menikah dan ketika lahir putra pertama mereka yang diberi nama Samosir maka petaka itu pun terjadi. Sang suami melanggar janjinya dan memaki sang anak dengan menyebut “dasar anak ikan” ketika anak tersebut melakukan kesalahan menghabiskan bekal makanan yang seharusnya diberikan untuknya yang bekerja di ladang.

Maka saat sang anak mengadu kepada ibunya, sang ibu murka dan menyuruh Samosir pergi ke atas bukit. Setelah itu turunlah hujan yang sangat deras bahkan konon air pun keluar seperti mata air dari dalam tanah. Hal itu mengakibatkan perkampungan menjadi tenggelam dan terbentuklah Danau Toba. Sementara bukit tempat Samosir berlindung berada ditengah-tengah air yang menggenang tersebut saat ini disebut Pulau Samosir.

Boneka Sigale-gale Dapat Menari

Boneka sigale-gale sangat terkenal sebagai boneka khas dari tradisi suku Batak. Kerap kali diadakan pertunjukan tarian dari Sigale-gale ini untuk dipertontonkan ataupun sebagai ritual. Boneka sigale-gale dapat menari dengan sendirinya meskipun hanya terbuat dari kayu.

Konon boneka sigale-gale ini dibuat untuk menghibur salah satu raja di Batak yang kehilangan putranya, dengan membuat boneka dan dibentuk semirip mungkin dengan anaknya, kemudian diadakan ritual untuk memanggil arwah masuk ke dalam sigale-gale.

Boneka sigale-gale pun akhirnya dapat menari dengan sendirinya. Sampai sekarang, boneka sigale-gale masih dipercaya memiliki arwah para leluhur dan sesekali dapat melirik dan berkedip tanpa ritual apa pun.

Ikan Mas Raksasa

Diceritakan bahwa terdapat 3 ekor ikan mas berukuran sangat besar yang hidup di Danau Toba. Ikan mas tersebut dipercaya telah hidup selama ratusan tahun sebagai penjaga danau Toba. Warna dari ikan mas tersebut adalah merah, hitam, dan putih, ketiga warna tersebut merupakan ciri khas Batak (Bonang Manalu).

Masyarakat sekitar yang mengaku pernah melihatnya mengungkapkan bahwa ikan mas raksasa tersebut berukuran berbeda-beda yaitu 4-10 m. Ketiga ikan digambarkan seperti sosok keluarga antara Ayah, Ibu, dan anak. Jika dikaitkan dengan legenda Danau Toba, ketiga ikan mas raksasa tersebut sangat berhubungan.

Dahulu ada seorang pemuda yang menikahi seekor ikan yang menjelma manusia dan melahirkan seorang anak, lalu ketiganya lenyap ditelan oleh munculnya danau Toba. Kemudian ketiga ikan mas raksasa dipercaya sebagai jelmaan dari keluarga tersebut.

Wajib Ucapkan “Permisi”

Diceritakan bahwa terdapat goa misterius yang tersembunyi dibalik lembah-lembah dan jalan yang berliku. Apabila kita melewati tempat tersebut, mesin kendaraan akan tiba-tiba mati tanpa alasan yang jelas.

Masyarakat setempat masih percaya bahwa tempat itu masih dijaga oleh arwah para leluhur, dan kita karus mengucapkan kata “Santabi Oppung” atau permisi ketika melewatinya sambil meletakkan sebatang rokok yang sudah menyala. Setelah melakukan hal tersebut kemungkinan mesin dapat menyala lagi.

Batu Gantung Di Kota Parapat

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat setempat, Batu Gantung adalah perwujudan dari seorang gadis dan anjing kecilnya. Dahulu ada sebuah keluarga yang hidup di lembah dekat danau toba. Seruni sang gadis akan dijodohkan dengan laki-laki pilihan orang tuanya padahal dia sendiri
memiliki kekasih yang sangat dia cintai.

Karena merasa frustasi dia memilih ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Seruni yang selalu ditemani anjingnya yang bernama Toki, berniat melompat ke dalam danau toba. Tapi ternyata setelah dia berada di tebing yang curam, bukannya tercebur ke air danau melainkan terperosok ke lubang batu.

Seruni jatuh hingga ke dasar lubang sedangkan anjingnya hanya bisa melolong dari mulut lubang. Merasa cara bunuh dirinya gagal, Seruni memerintahkan batu-batu yang mengurungnya untuk merapat dan menghimpit tubuhnya. Akhirnya singkat kata tubuhnya benar-benar tertelan batu-batu tersebut. “Parapat… Parapat!” itulah kata yang diucapkan Seruni pada batu-batu. Itulah sebabnya tempat tersebut kemudian disebut Parapat.


Like it? Share with your friends!

0
10 shares

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa

Legend

Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format