May 2, 2018

Walaupun Bau, Ternyata Petai Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Kebanyakan orang menghindari Petai karena menimbulkan bau yang kurang sedap. Petai bisa menimbulkan bau yang tidak sedap karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur, dan kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap.

Akan tetapi faktanya, walaupun petai ini sangat bau siapa sangka ternyata petai memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh karena di dalamnya terkandung gizi yang tinggi. Berikut penjelasan mengenai manfaat petai untuk kesehatan tubuh :

1. Mengurangi kolesterol

Petai dapat membantu mengurangi kolesterol, zat antioksidan dalam petai serta berbagai zat lainnya yang terkandung di dalamnya, dipercaya mampu mengurangi kolesterol secara cepat.*

2. Mengobati penyakit diabetes / gula darah

Rasa pahit pada petai bisa menjadi obat ampuh untuk penderita diabetes atau darah manis. Pembuktiannya sudah benar-benar teruji sejak ratusan tahun lalu hingga sekarang, ada banyak orang yang sembuh total dari khasiat petai.

3. Dapat mengatasi gangguan PMS

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya dapat membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi petai ini, maka akan membantu menstabilkan mood, hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, pete juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang.

4. Menyehatkan lambung

Biji petai ini sangat bermanfaat untuk lambung hal ini karena dapat menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada lambung, dan mencegah infeksi.

5. Mencegah terjadinya kegemukan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, manfaat petai juga dapat mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi petai, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

6. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Manfaat petai saat dikonsumsi ini, memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. pete ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

7. Mengandung Antioksidan

Biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...