May 12, 2018

Video: Detik-Detik Erupsi Merapi yang Direkam Dari Dekat Puncak Merapi

Video detik-detik Gunung Merapi meletus viral di media sosial sejak pagi 11 Mei 2018. Dalam video yang direkam secara tak sengaja dari bawah puncak Merapi itu memperlihatkan sejumlah pendaki sedang berada di lereng puncak Merapi.

Ketika sedang merekam aktivitas para pendaki yang terlihat sedang memasak itu, secara tiba-tiba Gunung Merapi meletus dan memuntahkan abu vulkanik yang cukup tinggi dan dalam jumlah cukup besar.

Seketika itu, para pendaki langsung panik setelah mengetahui Gunung Merapi yang tiba-tiba erupsi itu. Para pendaki langsung bergegas untuk menyelamatkan diri dan mencari tempat berlindung.

Dari informasi yang didapat, letusan Gunung Merapi yang terjadi Jumat pagi ini merupakan jenis letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi.

Letusan ini juga disertai dengan suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah. Saat erupsi terjadi, tercatat ada sebanyak 160 pendaki yang berada di Gunung Merapi.

Video: Detik-Detik Erupsi Merapi yang Diabadikan Dari Dekat Puncak Merapi

Ke 160 pendaki tersebut berhasil dievakuasi semua oleh tim penyelamat. Dari 160 pendaki yang selamat itu ada beberapa pendaki yang mengalami luka ringan akibat terjatuh saat menyelamatkan diri.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...