May 25, 2018

Tanpa Disadari Pahala Puasa Bisa Berkurang Bahkan Hilang Hanya Karena Kamu Melakukan Hal Sepele Ini

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, ditambah lagi dibulan Ramadhan ini umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk beribadah Puasa.

Tapi beribadah puasa bukanlah hanya perkara menahan lapar dan haus saja, tetapi pada bulan ramadhan ini menjadi ladang amal, karena pada bulan ramadhan Allah Subhanahu wa Ta'ala melipat gandakan seluruh pahala bagi bagi umat muslim yang melakukan kebaikan serta berusaha mendekatkan diri kepada Subhanahu wa Ta'ala.

Tidak salah jika pada bulan ramadhan ini, dijadikan umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah dan kebikan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Di bulan Ramadhan, umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa sangat diharuskan menjaga sikap sebaik-baiknya, kalau bisa jangan pernah sedikit pun mendekati kegiatan-kegiatan yang bisa membatalkan puasa Ramadhan.

Tapi, terkadang ada beberapa hal-hal sepele yang biasanya kita lakukan, tapi sebenarnya bisa membuat batal ibadah puasa dan kita tidak mendapatkan pahala, alhasil puasa kita percuma, karena kita hanya akan mendapatkan rasa haus dan lapar saja. Lantas, hal sepele apa saja yang bisa membatalkan puasa di bulan Ramadhan ini? berikut ulasannya.

Membicarakan orang lain Atau suudzhon


Hal ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari kita sebagai manusia. Dan tanpa kita sadari jika kebiasaan itu kita lakukan di bulan ramdhan. Kebiasaan itu bisa membuat puasa kita menjadi sia-sia. Solusinya, berfikir dahulu sebelum berbicara dan perbanyak dzikir. Jika tidak bisa, sebaiknya diam saja.

Tidak Sholat


Tidak menunaikan shalat wajib merupakan salah satu penyebab tidak sahnya puasa. Puasamu tidak akan bermanfaat pada hari kiamat nanti, salah satu rukun islam adalah sholat. Jadi, bagaimana bisa seseorang menunaikan ibadah puasa tapi tidak sholat? Itu sama saja artinya "orang kafir sedang berpuasa". Otomatis jika kamu tidak sholat, puasamu juga tidak akan sah. "Sholatlah dahulu kemudian kerjakan puasa".

Tidur Yang Berlebihan


Semua pasti tahu bahwa tidurnya orang puasa adalah ibadah. Tapi, pernyataan tersebut tidak berlaku bagi orang yang tidur berlebihan saat puasa. Tidur yang berlebihan menyebabkan hilangnya pahala dan keutamaan saat puasa sehingga menyebabkan puasa kamu akan sia-sia. Lebih baik lakukan hal hal yang bermanfaat seperti mengaji, membantu ibu masak, menyapu, ngepel dan lain-lain.

Pacaran


Semua jenis pacaran, tidak memandang pacaran lewat chatting maupun pacaran pada umumnya, ternyata bisa membuat amalan puasa kita menjadi berkurang bahkan bisa menjadi sia-sia. Pacaran adalah suatu pelampiasan nafsu seseorang yang tidak kuat untuk sendiri.

Pacaran juga bisa dikategorikan sebagai zina hati. Mengapa pacaran itu menghilangkan keutamaan puasa ? Karena pacaran bisa membuat seseorang tidak bisa lagi menahan nafsu matanya, nafsu hatinya. Apalagi jika pacaran sambil ngabuburit.

Menonton Film Dewasa


Menonton film dewasa merupakan salah satu hal yang membuat puasamu sia-sia atau bahkan bisa membatalkan puasa. Mengapa? Karena isi konten dari film dewasa adalah orang orang yang sedang berzina. Subhanallah, jika melihatnya otomatis kamu akan zina mata. Allah tidak akan menerima puasamu jika kamu tidak bisa menahan syahwat.

Berkata Kotor


Berkata kotor sering terjadi karena sudah menjadi kebiasaan. Sering kali kita saat dijahili atau diusili oleh teman, kita berkata kotor. Subhanallah, hindarilah perilaku jelek tersebut karena hal sepele tersebut ternyata bisa membuat puasa kita menjadi sia-sia. Rasulullah SAW bersabda :

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَ فَلْتَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”.

Berbohong


Berkata yang tidak sesuai dengan fakta atau berbohong bisa membuat puasa kita sia-sia, Rasulullah SAW telah bersabda :

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903).

Bertengkar, Adu domba, Berteriak-teriak


Bertengkar,berteriak dan mengadu domba dapat menyebabkan keutamaan/pahala puasamu berkurang bahkan bisa jadi sia-sia. Tahanlah emosi, dan perkataanmu. Mari jadikan puasa sebagai ajang menahan hawa nafsu dan emosi.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...