Subhanallah, Inilah Beberapa Manfaat Dari Melaksanakan Sholat Dhuha

3 min


1
2 shares, 1 point

Pengertian sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang istimewa, ada banyak manfaat dan keutamaan jika seorang muslim rutin melaksanakan sholat sunnah ini. Sholat ini dikenal sebagai sholat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Cara melaksanakan sholat dhuha ini sama dengan pelaksanaan sholat lain pada umumnya. Hanya saja ada doa-doa tertentu yang dibacakan setelah sholat.

Shalat Dhuha dikerjakan minimal dua raka’at dan bisa dikerjakan maksimal dua belas raka’at, masing–masing dua raka’atnya diakhiri dengan satu salam. Sholat dhuha dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah (Munfarid). Sholat Dhuha mengandung banyak sekali manfaat. Oleh karenanya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam senantiasa mengerjakannnya, dan mondorong para sahabatnya untuk melakukan hal yang serupa.

Berikut beberapa manfaat dari melaksanakan sholat dhuha :

Dilancarkan Rezekinya

Dalam hadist yang bersumber dari Abu Darda’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Wahai Anak Adam, sholatlah untuk-Ku sebanyak empat rakaat dari awal siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya.” (HR. Muslim dan Ahmad, menurut Al-Bani Shahih lighairihi)

Dicukupi kebutuhan dalam hadist tersebut memang ditafsirkan berbeda-beda oleh para ulama, ada yang mengatakan mendapat lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala, ada pula yang mendapat penjagaan Allah dari dosa, dan ada pula yang mendapat rezeki yang cukup dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam kaitannya dengan rezeki yang dipermudah dengan melaksanakan sholat Dhuha, telah banyak dirasakan oleh orang-orang yang selalu melaksanakan sholat Dhuha secara rutin.

Menenangkan dan menentramkan hati

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

(QS. Ar-Ra’du:28)

Artinya : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du:28)

Sholat Dhuha juga merupakan salah satu aktivitas mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan begitu, orang yang membiasakannya akan mendapatkan ketenangan lantaran rutinnya dzikir dengan sholat tersebut. Hal ini juga dirasakan oleh orang-orang yang membiasakan sholat Dhuha.

Termasuk kedalam salah satu golongan orang yang bertobat

Orang yang layak mendapatkan rezeki Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah orang yang selalu menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, karena Dia hanya mewariskan bumi ini dan seisinya kepada orang-orang yang beriman.

Dan jika ia melakukan maksiat atau kesalahan, maka ia segera menghampiri Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengakui kesalahannya dan memohon ampunan-Nya. Nah, ketika kamu mengerjakan sholat Dhuha, maka itu adalah bukti bahwa Anda adalah bagian dari para hamba-Nya yang bertaubat.

Badan sehat dan segar sepanjang hari

Egha Zainur Ramadhani dalam karyanya, Super Health menjelaskan manfaat Sholat Dhuha secara medis. Ia mendasarkan penelitiannya berdasarkan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang bersumber dari Buraidah RA.

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid (pada zaman dahulu masjid belum dilantai, dan meludah di masjid adalah diperbolehkan. Dan menanam bekas ludah berarti menutupi ludah seseorang dengan pasir). Atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan sholat Dhuha dua rakaat.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Peregangan sungguh muthlaq diperlukan untuk kesiapan kita menyongsong hari penuh tantangan. Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menyinggungnya secara sangat santun, “Hak dari setiap persendian, semuanya cukup dengan dua rakaat Dhuha.” Dan ini membuktikan bahwa memang ada manfaat sholat Dhuha secara medis

Setiap raka’at sholat Dhuha memiliki kedudukan yang mulia

Jumlah raka’at sholat Dhuha yang kamu jalankan akan menentukan kedudukan Anda disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan jika kamu menjalankannya dua raka’at, maka kamu akan mendapatkan gelar yang sesuai dengan jumlah itu.

Begitu juga seterusnya, semakin banyak rakaat yang Anda kerjakan, maka semakin tinggi kedudukan kamu di hadapan-Nya.

Waktu yang Ijabah untuk berdoa

Waktu yang paling digemari dan diharapkan malaikat adalah kala subuh hingga waktu terbit matahari. Pada waktu itu kamu sempatkan untuk melakukan doa sholat dhuha, sehingga kala itu para malaikat turun ke bumi bertujuan menyaksikan shalatnya kaum mu’min (QS. Al-Isra :78)

Bahkan dikala itu kamu memohon dan berharap doa, maka malaikat juga akan menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Menjalankan wasiat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

Jika kamu mengerjakan sholat Dhuha, maka kamu sudah menjalankan wasiat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang merupakan kewajiban setiap umatnya untuk mengikuti perintahnya dalam sunnah-sunnahnya.


Like it? Share with your friends!

1
2 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
1
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut
Anisa Eka Rahmawati
Dududududududu :D

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format