May 10, 2018

Sering Jadi Kebiasaan, Ini Dia Dampak Buruk Dari Minum Sambil Berdiri

Entah secara sadar atau tidak, pasti kebanyakan dari kita pernah minum sambil berdiri, kebiasaan yang terlihat sepele ini kerap dilakukan tanpa disadari.

Seperti contohnya ketika kamu olahraga berlari, pasti meminum air sambil berdiri, atau ketika baru pulang dari tempat kerja, kamu langsung mengambil air dan segera meminumnya dengan keadaan berdiri.

Nah ada baiknya jika akan kamu minum air, itu dalam keadaan posisi duduk, jangan berdiri. Kenapa ? Hal ini karena ternyata ketika kamu minum air sambil berdiri akan memberikan sejumlah dampak buruk bagi kesehatan.

Selain karena alasan kesehatan, posisi duduk ketika sedang minum juga sangat berhubungan dengan etika kesopanan dan sebagai gaya hidup sehat yang seharusnya ditingkatkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut dampak buruk ketika kamu minum sambil berdiri :

Naiknya Asam Lambung


Lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung.

Akibatnya asam dalam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut. Kesengsaraan lambung tidak sampai disitu. Minum sambil berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung.

Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam perencanaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung bisa sangat berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

Filter Penyaringan Dalam Ginjal Tertutup


Kebiasaan minum sambil duduk dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak melewati proses penyaringan terlebih dahulu di jaringan ginjal.

Kondisi ini mempermudah terjadinya penumpukan berbagai kotoran dalam saluran ureter yang bisa mengakibatkan gangguan organ ginjal.

Perut Kembung


Kebiasaan minum sambil berdiri menyebabkan air langsung masuk kedalam tubuh tanpa melewati dinding usus dengan baik dan mengalir terlalu cepat. Kondisi ini membuat seseorang akan mudah terserang perut kembung, rasa tidak nyaman pada perut dan muncul rasa ingin muntah.

Saraf Kelana Terganggu


Jika kamu tidak mau merubah kebiasaan buruknya untuk tidak lagi minum sambil berdiri, Maka akan berdampak buruk bagi jantung, yaitu menyebabkan saraf kelana atau vagal inhibition terganggu, yaitu terjadi refleksi saraf yang disebabkan oleh reaksi tiba tiba dari saraf kelana (saraf otak yang kesepuluh) yang tersebar di hampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan organ usus kecil dan besar.

Saraf-Saraf Menegang


Sadar atau tidak, saraf tubuh bisa menegang saat kamu minum dalam keadaan berdiri. Sebaliknya, jika minum sambil duduk maka sistem parasimpatetik akan terkondisikan lebih rileks sehingga saraf tidak akan tegang. Proses penyerapan air minum dan pencernaan pun bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...