May 20, 2018

Sering Disepelekan, Dosa Ini Justru Jauh Lebih Besar dari Dosa Zina dan Membunuh

Salah satu dosa besar yang hukumannya sangat berat adalah berzina. Baik di dalam Alquran maupun dalam hadits Rasulullah sudah banyak dijelaskan tentang hukuman dan bahaya dari dosa yang satu ini.

Di dunia saja, pelaku zina jika yang tertangkap dan ketahuan bisa mendapatkan hukum cambuk hingga rajam. Tentu saja, hukuman tersebut jauh lebih ringan dibandingkan hukuman yang akan didapat orang yang berzina kelak di akhirat.

Bahkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda:

"Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya." [HR. Thobroni dalam Mu'jam Al Kabir 20: 211. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih]

Dari hadits ini saja sudah sangat jelas betapa kerasnya ancaman dari perbuatan tersebut, menyentuh wanita yang tidak halal bagi kita saja ancamannya sangat keras. Apalagi kalau sampai seseorang melakukan perbuatan zina.

Selain zina, ada lagi dosa besar lain yang tak kalah mengerikan ancamannya bagi pelakunya. Dosa besar tersebut adalah membunuh, dalam ajaran Islam, membunuh seorang manusia yang tidak bersalah itu dosanya sama besarnya seperti membunuh seluruh manusia di dunia.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Allah dalam firman-Nya:

"...barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia..." [QS. Al-Ma'idah ayat 35]

Tetapi, selain berzina dan membunuh ternyata ada dosa yang lebih dahsyat lagi ancaman dan hukumannya di akhirat kelak. Dan bahkan, banyak orang yang tidak sadar dan sering melakukan dosa yang lebih besar dari zina dan membunuh ini.

Dosa yang bisa menghadirkan dosa yang lebih besar dari zina dan membunuh itu adalah dosa meninggalkan shalat 5 waktu dengan sengaja. Sholat adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap muslim dengan tepat waktu.

Sebab, salah satu amalan atau ibadah yang bisa menghantarkan kita menuju surga adalah dengan menjaga serta menegakkan sholat. Seperti yang kita sering jumpai, tidak sedikit orang Islam yang mengaku dirinya Islam, tetapi sangat mudah sekali melalaikan kewajiban untuk beribadah shalat.

Padahal, shalat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan. Orang-orang yang yang rajin shalat saja ada yang bisa masuk neraka, seperti yang sudah dibahas di artikel berikut:


Apalagi jika kita dengan sengaja meninggalkan shalat, pastinya ada dosa yang sangat besar yang kita dapatkan ketika dengan sengaja meninggalkan shalat. Selain dosa yang sangat besar, meninggalkan sholat lima waktu dengan sengaja juga akan dihukum dengan hukuman yang berat di akhirat kelak.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah mengatakan, "Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum-minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat." [Ash Sholah, hal. 7]

Ketika peristiwa Isra Mi'raj, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau diperlihatkan sekelompok orang yang membenturkan kepala mereka pada batu hingga kepala mereka pecah, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: 'Siapakah ini wahai Jibril?' Jibril menjawab: 'Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu'." [HR. Thabrani]

Kemudian di dalam riwayat lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dalam riwayatnya, "Jika langit sudah terbuka, maka malaikat akan datang dengan membawa rantai sepanjang 7 hasta. Rantai ini akan digantungkan kepada orang yang tidak melaksanakan shalat. Kemudian dimasukkan dalam mulutnya dan akan keluar dari duburnya. Kemudian malaikat mengumumkan, 'ini adalah balasan orang yang menyepelekan perintah Allah.'."

Lihatlah betapa besarnya dosa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja, sebab itu sama saja kita dengan sengaja menyepelekan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala, Tuhan kita semua.

Inilah Tempat Mereka yang Suka Sengaja Meninggalkan Shalat di Akhirat


Meninggalkan shalat dengan sengaja sama saja dengan menyepelekan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala, tentu saja ancaman bagi orang yang dengan sengaja meninggalkan shalat ini sangatlah besar.

Mungkin ada beberapa orang yang pernah membaca atau mendengar tentang siksa yang didapatkan oleh orang yang suka meninggalkan shalat dengan sengaja, seperti:

  • 60.000 tahun di neraka jika meninggalkan shalat subuh dengan sengaja
  • Sama seperti dosa membunuh 1.000 muslim jika meninggalkan shalat dzuhur dengan sengaja
  • Sama seperti dosa meruntuhkan Ka'bah jika meninggalkan shalat ashar dengan sengaja
  • Sama seperti dosa berzina dengan ibunya (jika laki-laki) atau berzina dengan ayahnya (jika perempuan) jika meninggalkan shalat maghrib dengan sengaja
  • Tidak akan diridhoi oleh Allah untuk tinggal di bumi dan akan didesak mencari bumi atau tempat hidup yang lain jika meninggalkan shalat isya dengan sengaja

Namun, dalil tentang ancaman-ancaman siksa di atas tidak jelas asal-usulnya. Meskipun niatnya baik untuk mengingatkan sesama muslim tentang pentingya menegakkan dan melaksanakan shalat, namun dasar atau dalil dari jenis-jenis dosa orang yang meninggalkan shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya itu memang tidak ada.

Salah satu dalil yang kuat tentang siksaan dan tempat para orang-orang yang dengan sengaja meninggalkan shalat sudah dijelaskan di dalam Alquran. Dikatakan, orang-orang yang dengan sengaja meninggalkan shalat, mereka akan ditempatkan di neraka Saqar.

"Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar?, Mereka menjawab, 'Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan shalat,'..." [QS. Al-Muddaththir ayat 42-43]

Saqar adalah tempat yang menghanguskan kulit manusia, bila kulit mereka sudah habis terbakar, Allah akan menggantikan dengan kulit yang lain untuk dibakar kembali agar mereka merasakan sakit. Neraka Saqar juga dijaga oleh 19 malaikat di atasnya, tempat ini adalah tempat bagi mereka yang sengaja meninggalkan shalat wajib secara sengaja.

Semoga tulisan ini bisa membuat kita sebagai umat Islam menjadi lebih taat kepada perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Yang perlu kita ingat adalah, shalat adalah ibadah wajib yang harus selalu dilaksanakan, sebab akan ada ancaman dosa besar serta siksa neraka bagi mereka yang dengan sengaja meninggalkannya.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...