May 1, 2018

Penyebab Munculnya 'Tritipan', Noda Bintik Hitam Pada Pakaian

Menghindari adanya noda pada pakaian memang sangat sulit, apalagi jika kamu adalah orang yang bekerja di tempat-tempat yang bisa menjadi sumber noda pada pakaian itu.

Bahkan orang yang bekerja di tempat yang bersih sekalipun tetap memiliki kemungkinan untuk memiliki noda pada bajunya. Beberapa jenis noda mungkin bisa dengan mudah dihilangkan hanya dengan dicuci atau menggunakan detergen.


Tetapi ada juga noda yang sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan dengan detergen sekalipun. Salah satunya adalah noda bintik hitam pada baju atau sebagian orang menyebutnya dengan tritipan.

Tritipan pada baju biasanya sering ditemui pada pakaian berwarna putih, sebab warna putih memang sangat mudah sekali untuk dilihat jika ada noda di dalamnya.

Kebanyakan orang menganggap bahwa noda bintik hitam pada baju atau tritipan ini tidak bisa dihilangkan sama sekali, tetapi hal itu ternyata salah. Tritipan pada baju bisa dihilangkan dengan beberapa cara, tetapi sebelum itu mari kita cari tahu dulu penyebab baju tritipan.

Penyebab Baju Tritipan


Pakaian berwarna putih lebih sering terkena tritipan, baju yang terkena tritipan akan muncul bintik-bintik hitam seperti tahi lalat tetapi jumlahnya banyak dan sulit dihilangkan jika hanya dengan dicuci.

Penyebab tritipan atau bintik hitam pada pakaian biasanya disebabkan karena keringat dan kelembaban pakaian. Biasanya, baju yang terkena tritipan sering diletakkan begitu saja selama berhari-hari dalam keadaan basah atau habis terkena keringat sebelum dicuci.

Nah, hal ini menyebabkan jamur tumbuh pada pakaian dan membuat bintik hitam itu muncul pada pakaian. Untuk mencegah tritipan atau bintik hitam pada pakaian muncul, sebaiknya cuci pakaian setiap hari dan jangan biarkan menumpuk pakaian kotor selama berhari-hari.

Sebab hal itu bisa memicu pertumbuhan jamur pada baju lebih cepat, sehingga baju akan lebih mudah untuk terkena noda hitam atau tritipan. Jika sudah begitu, baju akan tampak kusam dan menjijikan bukan?

Cara Menghilangkan Tritipan Pada Baju


Banyak yang beranggapan bahwa baju dengan noda bintik hitam atau tritipan tidak bisa dikembalikan seperti semua, sehingga banyak yang berputus asa dan lebih memilih untuk mengeluarkan uang lebih untuk membeli baju baru.

Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk membersihkan tritipan pada baju. Jika kamu ingin menghilangkan tritipan pada baju kesayangan kamu dengan mudah, kamu bisa menggunakan dan mencoba cara-cara di bawah ini:

  1. Campurkan sedikit cuka ke dalam setengah liter air.
  2. Rendam pakaian kamu yang terkena tritipan ke dalam campuran air dan cuka tadi selama semalam.
  3. Keesokan harinya, cuci pakaian kamu tadi seperti biasa menggunakan sabun atau detergen.
  4. Siapkan air panas yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis.
  5. Setelah itu bilas pakaian yang sudah dicuci itu menggunakan air panas yang sudah dicampur perasan jeruk nipis itu tadi.
  6. Biarkanlah pakaian selama beberapa saat di dalam air panas campuran jeruk nipis tersebut.
  7. Setelah itu, cuci kembali pakaian tersebut dengan sabun atau detergen.
  8. Bilas menggunakan air bersih.
  9. Setelah itu jemur pakaian kamu hingga benar-benar kering.

Jika setelah melakukan cara diatas masih terdapat bintik hitam di pakaian, maka ulangi langkah 5 hingga 8 secara berulang hingga noda tritipan benar-benar bersih.

Jika kamu memiliki masalah baju tritipan atau noda bintik hitam pada pakaian, silakan untuk mencoba cara di atas.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...