Meski Sunnah, Ternyata Sahur Memiliki Keutamaan dan Berkah

2 min


0
1 share

Salah satu hal yang dilakukan oleh umat Islam saat akan melaksanakan ibadah puasa adalah melakukan santap sahur di pagi harinya. Selain untuk memenuhi kebutuhan energi dalam melakukan aktivitas rutin selama puasa, santap sahur adalah salah satu sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bisa menjadi ladang pahala di bulan Ramadhan bagi yang melaksanakannya.

Namun sayangnya, ada banyak orang yang masih enggan dan susah untuk bangun sebelum fajar untuk melakukan santap sahur sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Padahal, selain bisa menambah energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari di saat puasa, ternyata terdapat keutamaan sekaligus berkah yang ada di dalam santap sahur tersebut.

Adapun beberapa alasan yang membuat santap sahur di pagi hari ketika hendak melakukan ibadah puasa bagi umat Islam antara lain:

  1. Manfaat sahur menambah tenaga saat berpuasa.
  2. Akan mendapatkan pahala sahur, karena itu merupakan sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  3. Sebagai pembeda antara puasanya kaum Muslimin dengan puasanya para ahli kitab.
  4. Waktu sahur adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Oleh karena itulah mengapa santap sahur itu sangat dianjurkan untuk dilakukan ketika hendak melaksanakan ibadah puasa, bahkan walaupun hanya dengan meminum seteguk air ketika sahur, itu bisa memberikan pahala bagi yang melakukannya.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda dalam sebuah hadist yang artinya:

“Yang membedakan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” [HR. Muslim]

Keutamaan Santap Sahur Ketika Akan Berpuasa

Selain karena alasan tersebut, ternyata di dalam santap sahur juga memiliki banyak keutamaan serta berkah yang akan sangat sayang sekali jika kita melewatkan makan sahur di bulan Ramadhan atau ketika hendak berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa rahasia dan berkah dibalik makan sahur dan juga keutamaannya:

1. Terdapat Keberkahan di Dalam Makan Sahur

Ya, salah satu rahasia keutamaan santap sahur yang sayang sekali untuk ditinggalkan adalah karena di dalamnya terdapat berkah. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jangan sampai kamu malas bangun pagi untuk makan sahur.

Tentang keberkahan yang terdapat pada makan sahur ini ada dalam hadist Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam yang artinya:

“Sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Berkah dari makan sahur sendiri adalah karena bisa menguatkan serta menggiatkan orang yang sedang berpuasa. Dengan melakukan santap sahur, energi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa tetap terpenuhi selama berpuasa. Sehingga orang yang sedang berpuasa tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa meskipun tengah berpuasa.

Sementara itu, ada keutamaan yang lebih besar yang ada dalam makan sahur, yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para malaikat-malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.

Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang Allah dan para malaikat-Nya yang bershalawat kepada orang yang sahur,

“Sahur itu adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya meskipun hanya meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” [HR. Ahmad]

Oleh karena itu, janganlah kita meninggalkan sahur meskipun hanya meminum seteguk air. Mengingat keutamaan besar yang ada di dalamnya ini.

2. Mencontoh Rasul dan Para Sahabatnya

Waktu sahur adalah sepertiga malam yang terakhir sampai terbit fajar. Di zaman Rasulullah, para sahabat juga mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, termasuk juga melakukan santap sahur.

Seperti yang kita tahu, Rasulullah menganjurkan kita untuk melakukan santap sahur di akhir waktu sahur. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.” [HR. Ibnu Adi dan Ad-Dailami dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Ash-Shahihah: 1773]

Tabi’in yang Mulia ‘Amr bin Maimun rahimahullah berkata,

“Dahulu para sahabat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam paling cepat berbuka dan paling lambat makan sahur.” [Diriwayatkan Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubro: 8127]

3. Mengikuti Akhlak Para Rasul

Rasulullah bersabda,

“Tiga hal yang termasuk akhlak para Rasul, yaitu menyegerakan berbuka puasa, mengakhirkan sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri pada waktu salat.” [HR. Thabrani].

Nah, jadi itulah keutamaan dan juga berkah yang terdapat dalam makan sahur. Mulai sekarang jangan malas untuk bangun pagi dan makan sahur, sebab di dalamnya terdapat banyak sekali berkah dan keutamaan.


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format