May 5, 2018

Kemana Kotoran di Toilet Pesawat Dibuang?

Apakah kamu pernah menggunakan toilet ketika berada di pesawat terbang? jika iya, pernahkah kamu berpikir kemana kotoran di toilet pesawat itu dibuang?

Ketika sedang melakukan penerbangan jarak jauh dan tiba-tiba perut terasa tidak enak karena ada panggilan alam, pasti kita akan segera pergi ke toilet untuk membuang limbah yang ada di dalam perut kita.

Setelah membuang limbah, hal yang dirasakan adalah lega dan nyaman. Dan mungkin kita tidak akan berpikir kemana kotoran tersebut akan dibuang. Tapi banyak orang yang mengira bahwa kotoran tersebut akan dibuang ke udara.

Namun salah besar jika kamu berpikir seperti itu, sebab toilet pesawat saat ini sudah sangat canggih. Kecanggihan ini membuat pesawat tidak perlu membawa air berlebihan yang akan menambah beban pesawat.

Toilet yang ditemukan oleh James Kemper ini pertama kali dipasang pada pesawat Boeing pada tahun 1982. Kloset pesawat modern saat ini dibuat licin, tujuannya agar lebih mudah menyerap kotoran dibantu dengan aliran air yang ikut menyapu bersih kotoran.

Ketika menyerap limbah kotoran akan menggunakan daya hisap yang tinggi dan dialirkan ke selang pembuangan yang berupa tangki di bagian bawah pesawat. Tangki ini berukuran cukup besar karena bisa menampung kurang lebih 600 galon kotoran guys.

Limbah ini tetap berada di dalam pesawat dan akan dipindahkan saat pesawat sudah mendarat. Jadi bisa dibanyangkan kan guys di bawah kakimu ada tangki yang bisa berisi 600 galon kotoran loh.

Ketika pesawat sudah mendarat, semua kotoran yang berada di dalam tangki akan dipindahkan ke sebuah truck septictank. Sedotan udara dengan kecepatan tinggi juga membuat kotoran menjadi lebih encer dan memudahkan untuk pemindahan ke truck septictank. Nah buat kamu yang masih penasaran dengan pemindahan limbah ini, tonton langsung videonya guys.



Semoga bisa mengobati rasa penasaran kalian ya!

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...