May 8, 2018

Kamu Suka Tidur Dengan Kipas Angin Yang Menyala Sepanjang Malam? Hati-Hati! Ini Bahayanya

Cuaca saat malam hari yang seringkali terasa panas membuat kita menjadi merasa gerah. Saat menjelang tidur, tidak sedikit dari kita yang memakai kipas angin agar mengurangi rasa panas serta tidak agar membuat tubuh kita tidak berkeringat.

Walaupun nantinya tubuh kita tidak berkeringat, tapi ternyata tidur memakai kipas angin justru memiliki bahaya yang cukup fatal untuk kesehatan kita. Bahkan, dampak negatifnya bisa merenggut nyawa seseorang.

Apa saja bahayanya? berikut beberapa bahaya tidur dengan menggunakan kipas angin yang menyala sepanjang malam:

Otot Akan Kaku dan Nyeri


Otot akan kaku dan nyeri akan dirasakan oleh kita jika mendapatkan hembusan angin dari kipas angin yang terlalu lama. Suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita. Maka tidak heran jika pada saat kita tidur dengan kipas angin, pada saat bangun kita akan merasakan nyeri.

Suhu Tubuh Akan Menurun Drastis


Kita harus hati-hati terhadap bahaya yang satu ini, suhu tubuh seseorang akan menurun drastis jika tidur menggunakan kipas angin. Umumnya, kondisi ini terjadi secara tiba-tiba di saat tekanan darah dan sistem pernafasan terganggu. Dampak fatalnya bahkan bisa mengganggu fungsi jantung dan paru-paru dalam tubuh kita.

Penyakit Bell Palsy


Penyakit bell palsy adalah penyakit kelumpuhan, namun bukan kelumpuhan tubuh melainkan kelumpuhan yang terjadi pada wajah. Pada saat penyakit ini menyerang, wajah akan terasa sulit untuk tersenyum, tertawa dan bahkan akan ada pembengkakan di daerah wajah tertentu. Penyakit ini disebabkan oleh kondisi syaraf wajah yang menegang, dikarenakan terkena suhu dingin seperti kipas angin yang secara terus-menerus.

Terjadi Infeksi Saluran Pernafasan


Kipas angin berfungsi hanya untuk menggerakkan udara, tidak terjadi proses penyaringan yang dilakukan. Oleh karena itu udara yang ada di sekitar ruangan akan di hembuskan ke tubuh kita.

Akan tetapi menjadi bahaya jika wajah kita mendapatkan hembusan angin dari kipas angin tersebut. Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, dan bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti asma.

Kulit Mudah Kering


Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang terlampau dingin juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti bahaya AC.

Saat kita terlalu lama menggunakan kipas angin, efek kekurangan air akan terjadi pada tubuh, termasuk kulit. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.

Mengalami Hipotermia Dan Dehidrasi


Hal ini dijabarkan oleh Dr. Wendra Ali selaku ahli syaraf. Ketika seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Apabila terjadi terus menerus sepanjang malam, maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya terjadi hipotermia.

Gampang Sakit


Kondisi tubuh yang gampang sakit adalah efek dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Dampak ini akan di rasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dari dalam tubuh yang membuat sel-sel imun lebih aktif.

Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-sel imun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika saat kita tidur kita menghirup udara yang mengandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

Menyebabkan Kematian


Bahaya paling fatal adalah kita bisa mengalami kematian mendadak saat menggunakan kipas angin sepanjang malam selama tertidur di ruangan yang tidak terdapat fentilasi udara. Peristiwa ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar CO2 dan penurunan O2 dalam ruangan.

Loading...

Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...