Hematidrosis, Penyakit Langka yang Membuat Penderita Akan Keluarkan Keringat dan Air Mata Darah


0

Keringat biasanya akan keluar setelah kita melakukan berbagai macam aktivitas yang melelahkan tubuh, dan biasanya keringat akan keluar dari pori-pori kulit dan tidak berwarna.

Namun, keringat yang dialami penderita penyakit hematidrosis ini berbeda. Mereka yang menderita penyakit ini akan mengeluarkan keringat darah. Bukan hanya keringatnya saja, penderita penyakit ini juga akan mengeluarkan air mata darah.

Mungkin ini terdengar sangat aneh, tetapi penyakit ini memang benar-benar ada. Penyakit yang membuat penderitanya ini mengeluarkan darah ketika berkeringat atau menangis ini tergolong penyakit yang langka.

Menurut Dr. Frederick Zugibe, hematidrosis ini dijelaskan terjadi karena di sekitar kelenjar keringat, ada benyak pembuluh darah yang membentuk jaringan seperti jala.

Dengan tekanan tinggi akibat stres, pembuluh darah ini menciut. Kemudian setelah kecemasan berlalu, pembuluh darah akan mengembang sampai pecah.

Darah akan mengalir ke dalam kelenjar keringat, dan pada saat kelenjar keringat menghasilkan banyak keringat, darah itu akan didorong ke permukaan, yang ke luar sebagai titik-titik darah yang bercampur dengan keringat.

Selain itu, penyakit keringat darah ini juga merupakan salah satu efek samping yang ekstrem dari respons fight or flight. Sebagian besar terjadi ketika seseorang mengalami stres kecemasan atau ketakutan yang teramat dalam.

Berkeringat darah memang bisa menakutkan dan sangat langka. Tapi biasanya kondisi ini berkaitan dengan penyakit lain seperti hemochromatosis, yaitu kondisi bahaya yang mana zat besi banyak terbentuk dan disimpan dalam tubuh sehingga membuat seseorang rentan terhadap hematidrosis.

Dr Zugibe menuturkan beberapa kasus terkait dengan hematidrosis dilaporkan terjadi ketika seseorang mengalami ketakutan menjelang hukuman eksekusi serta ada juga akibat takut badai saat tengah berlayar.

Efek yang terjadi di tubuh terkait dengan hematidrosis ini meliputi kelemahan, dehidrasi ringan hingga sedang serta kecemasan tinggi yang membuat seseorang berkeringat hingga keringat darah.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format