May 5, 2018

Bukan Hoax, Titik Hitam Whatsapp Bikin Error? Begini Penjelasannya

Whatsapp adalah aplikasi messenger terpopuler saat ini, banyak pengguna smartphone baik itu Android atau iOS bahkan Windows Phone yang lebih memilih untuk menggunakan Whatsapp dibandingkan aplikasi chatting lainnya.

Selain karena lebih mudah untuk digunakan, Whatsapp juga memang lebih ringan dan lebih hemat RAM dibandingkan aplikasi chat lainnya. Belakangan ini, sedang heboh pesan viral di aplikasi milik Facebook itu.

Para pengguna Whatsapp banyak yang menerima pesan yang berisi bawha aplikasi Whatsapp mereka akan error jika menekan tanda titik hitam yang ada di dalam pesan tersebut. Kurang lebih, begini pesan di dalam chat tersebut:

ketika kamu menyentuh tanda hitam itu, maka whatsapp mu akan eror

<⚫> 👈🏻 ‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎ ‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎ ‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎ ‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎ ‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎‏‎

Ketika tanda hitam itu diklik atau disentuh, maka Whatsapp akan langsung hang dan crash atau force close. Ini memang benar dan sudah banyak yang mengalami error di Whatsapp setelah menyentuh titik hitam tersebut.

Bukan Hoax, Titik Hitam Whatsapp Bikin Error? Begini Penjelasannya

Pasti banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa yang membuat Whatsapp menjadi crash setelah penerima menyentuh pesan berisi emoji hitam di Whatsapp tersebut? Seperti yang ada di video berikut:



Jadi, alasan mengapa Whatsapp bisa crash dan force close ketika menyentuh titik hitam dalam pesan tersebut adalah karena ukuran pesan tersebut sebenarnya cukup besar.

Bukan Hoax, Titik Hitam Whatsapp Bikin Error? Begini Penjelasannya

Mungkin penerima pesan akan menganggap bahwa pesan tersebut sangat singkat dan tidak begitu panjang. Namun jika diteliti lebih jauh lagi, di sana terdapat baris dengan spasi yang panjang, nah spasi itulah yang menyebabkan error saat pesan disentuh.

Jika tidak percaya, copy-paste pesan tersebut dan letakkan di text editor di komputer. Setelah itu, sekarang buka browser dan masuk ke situs ASCII Text to Binary Converter, kemudian paste isi pesan tadi dan klik convert.

Bukan Hoax, Titik Hitam Whatsapp Bikin Error? Begini Penjelasannya

Setelah diconvert, maka akan muncul bilangan biner dengan jumlah karakter sebanyak 28.226 karakter. Inilah yang membuat Whatsapp error ketika penerima pesan menyentuh bagian ini, sebab ketika sistem mencoba untuk menerjemahkan teks tersebut setelah disentuh, memori pada sistem yang terbatas tidak mampu untuk membaca karakter dengan jumlah sebanyak itu, sehingga aplikasi langsung crash dan force close.

Baca Juga:

Tetapi, pesan tersebut tidak membuat aplikasi Whatsapp pada komputer dan juga Whatsapp Web error, begitu juga di iOS, beberapa pengguna juga mengatakan bahwa pesan tersebut tidak membuat aplikasi Whatsapp mereka crash ketika menyentuh tanda hitam di pesan tersebut.


Author Profile

Silakan tulis komentar Anda...