Beberapa Mitos Tentang Larangan Bersiul di Waktu dan Tempat Tertentu, Pernah Dengar?


0

Bersiul biasa dilakukan untuk menghilangkan bosan atau bahkan hanya sekedar iseng saja, kadang bersiul juga dilakukan ketika kita mendengar irama lagu dan mencoba untuk menirukan nada-nada lagu tersebut.

Namun di beberapa negara, bahkan termasuk Indonesia, bersiul merupakan salah satu hal yang dianggap kurang baik. Apalagi jika kita bersiul di tempat-tempat yang memang dilarang untuk bersiul.

Berikut ini adalah beberapa tempat yang terlarang untuk bersiul, tidak cuma di Indonesia, mitos ini juga dipercaya di berbagai negara di dunia.

1. Dilarang Bersiul di Dalam Ruangan

Bersiul di dalam ruangan dipercaya mampu mendatangkan kesialan, malapetaka, nasib buruk dan kebangkrutan. Orang-orang di Rusia, Rumania, Estonia dan beberapa negara Balkan mempercayai hal tersebut.

Meski tak sepenuhnya benar, namun banyak masyarakat disana yang masih percaya dengan mitos tersebut. Untuk itu, jika kamu berkunjung ke negara-negara tersebut, sebaiknya kamu jangan bersiul. Atau jika kamu ingin melakukannya, lakukanlah di luar ruangan.

2. Dilarang Bersiul di Malam Hari

Bersiul di malam hari sering kali dianggap sebagai sesuatu yang kurang baik, khususnya di daerah-daerah Jawa. Banyak orang percaya bersiul di malam hari bisa mendatangkan hal yang kurang mengenakkan.

Tak cuma di Indonesia, di Jepang pun banyak orang yang percaya dengan mitos tersebut. Jika kamu bersiul pada malam hari di Jepang, maka siulanmu dipercaya mampu memanggil keluar makhluk jahat atau yang dikenal dengan istilah ‘kimodameshi’. Seperti apa bentuk kimodameshi juga tidak jelas. Yang pasti, kimodameshi sendiri sering dijadikan ajang uji nyali di Jepang.

Anjuran untuk tidak bersiul di malam hari juga dipercaya oleh orang-orang Cina, Korea dan Hawaii.

3. Dilarang Bersiul di Dapur

Bersiul di dapur merupakan sesuatu yang tidak baik dilakukan jika kamu berada di Perancis. Menurut mereka (orang Prancis), dengan bersiul di dapur maka sama saja mendoakan sang juru masak mati.

Latar belakang dari mitos larangan bersiul di dapur ini muncul saat terjadinya Revolusi Prancis di mana pada saat itu ada banyak juru masak dihabisi. Tidak sedikit yang akhirnya bersembunyi dan tidak mengeluarkan suara apapun agar tidak ketahuan oleh para tentara.

4. Dilarang Bersiul di Pinggir Laut

Jangan sekali-kali kamu mencoba untuk bersiul di pinggir laut. Karena banyak orang Jawa percaya bahwa bersiul di pinggir laut bisa mendatangkan nasib sial bahkan buruk.

Hal itu disebabkan karena menurut kepercayaan, dengan bersiul di pinggir dan mengarah ke laut, maka secara otomatis akan mengundang atau menantang sang penguasa Laut Selatan, Kanjeng Ratu Nyai Roro Kidul.

Nah, kalau menurut kamu bagaimana? apakah kamu percaya dengan mitos-mitos seperti itu?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format